Riau

Syamsuar Berpantun Usai Penabalan Gelar Adat Melayu Riau

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar membacakan dua buah pantun saat menutup sambutannya usai prosesi penabalan adat dirinya dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, Sabtu (6/7/2019) di Balai Adat Melayu Riau, Pekanbaru.

"Laut dingin berkapal kayu
Menghantar padi seberang negeri
Disebut pemimpin dalam kebudayaan Melayu
Apabila pribadi bijak bestari."

"Anak petani bermain sawah
Di dalam sawah menangkap belalang
Pemimpin amanah beroleh berkah 
Riau menjadi Provinsi terbilang, gemilang, dan cemerlang."

Syamsuar sah menyandang gelar sebagai Datuk Seri Setia Amanah dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution bergelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah setelah melalui prosesi penabalan gelar adat diawali dengan pemasangan selempang, tanjak, keris, dan ditutup dengan tepuk tepung tawar oleh tokoh adat dan tokoh masyarakat Riau.

"Kami dan keluarga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, terutama kepada Ketua Majelis Kerapatan Adat dan Ketua Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau atas penabalan gelar adat ini serta amanah yang kami terima," kata Syamsuar dalam sambutannya.

Dengan gelar kehormatan tersebut, Syamsuar berharap dapat memotivasi dirinya dan wakilnya bekerja dengan sebaik-baiknya sebagai pemimpin Riau.

"Semoga kami amanah, jujur, dan adil sesuai dengan harapan masyarakat Riau. Dan menambah motivasi kami untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin Riau," ujarnya.

Syamsuar juga meminta kepada tokoh adat dan tokoh masyarakat tak segan-segan memberi nasihat selama ia dan wakilnya Edy Natar menjalankan tugas.

"Jangan biarkan kami dan jangan segan-segan tegur kami jika ada sesuatu yang tak patut dalam langkah kami, sehingga kami selamat dunia akhirat," kata pamong senior ini.

Reporter: Rico Mardianto


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar