Pilkada

KPU Ajukan Anggaran ke Pemda untuk Pilkada Riau 2020, Bengkalis Paling Tinggi

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir.

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan, KPU RI akan meluncurkan tahapan Pilkada serentak 2020 pada September mendatang.

"Jadi, September sekitar tanggal 21 atau 23, KPU RI akan launching tahapan pelaksanaan Pilkada," kata Ilham di Pekanbaru, Rabu (14/8/2019).

Dia menjelaskan, sebelum pelaksanaan pilkada akan ada tahapan pra-pelaksanaan pilkada, yakni penyiapan anggaran dan regulasi.

"Kalau regulasi itu semuanya di KPU RI, tapi kalau anggaran KPU kabupaten/kota masing-masing berkomunikasi dengan kepala daerah. Sembilan kabupaten/kota di Riau sudah berkomunikasi dengan pemerintah daerah untuk menyusun anggaran, agar dianggarkan di APBD 2020," kata Ilham.

Disinggung apakah KPU Provinsi Riau juga sudah mengajukan anggaran ke Pemprov Riau, Ilham menyebut belum ada mengajukan.

"Kalaupun ada (mengajukan anggaran) itu sifatnya untuk mensupervisi, pendampingan terhadap kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada," ujar Ilham.

Lebih jauh, Ilham menyebut jumlah anggaran yang diajukan KPU kabupaten/kota berbeda satu sama lain. Bervariasinya jumlah anggaran tersebut menurutnya tergantung pembahasan KPU dengan TAPD di kabupaten/kota masing-masing.

"Saya belum merinci semua karena berbeda-beda sih pengajuannya, yang jelas, yang paling tinggi mengajukan itu Bengkalis sekitar Rp54 miliar, dan yang agak rendah itu Dumai sekitar Rp21 miliar," katanya.

Reporter: Rico Mardianto




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar