Riau

Diskes Gelar Kader Hidup Bersih

ilustrasi

TEMBILAHAN (HR)- Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, menggelar pelatihan kader perilaku hidup bersih dan sehat, yang berpusat di aula Puskesmas Kelurahan Kuala Lahang, belum lama ini.

Pelatihan ini dihadiri Kabid Pembina Pengendalian Kemitraan dan Promosi Kesehatan (PPK PK) Dinkes Kabupaten Inhil Matzen serta jajarannya, Kepala Puskesmas Kuala Lahang Zulfikar dan beberapa undangan lainnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Inhil Alvi Furwanti Alwie, melalui Kabid PPK PK Matzen, mengatakan kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tersebut akan terus dilakukan di seluruh kecamatan, minimal pada satu kecamatan tersebut satu desa/kelurahan yang diberi pelatihan.

Dikatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar setiap peserta pelatihan mampu melakukan pendataan minimal 10 KK untuk satu kadernya. Artinya, dalam waktu dekat masyarakat sudah bisa didata secara lengkap terhadap masalah PHBS ini.

“Sangat diharapkan kepada peserta pelatihan kader PHBS ini benar-benar pemahami materi yang telah disampaikan, dan dilanjutkan pemahaman materi tersebut kepada anggota keluarga terdekat dan seluruh masyarakat yang ada disekitar tempat tinggalnya,” ujarnya.

Selain persoalan PHBS,  Dinkes juga menyampaikan kepada peserta pelatihan kader terhadap manfaat rumah tangga sehat, penyampaian ini berfungsi supaya anggota keluarga tersebut mampu menciptakan keluarga sehat dan tak mudah sakit serta menjadikan anggota keluarga giat bekerja.

Sebagaimana diketahui, pada pelatihan kader PHBS kali ini diikuti sebanyak 33 orang kader Posyandu se-Kuala Lahang dengan pemateri tiga orang yakni, Kabid PPK PK Dinkes Inhil Matzen, Kasi Pronkes Dinkes Inhil Fitri Astuti dan Stap Pronkes Dinkes Inhil Mania Hairani. (mg3)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar