Riau

Presiden Jokowi Serahkan Penghargaan kepada Anak Kandung Almarhum Tenas Effendy 

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, foto bersama keluarga besar almarhum Tenas Effendy, setelah menerima penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia, Kamis (15/8/2019).

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Tokoh masyarakat Riau, yang juga tokoh Melayu Riau, almarhum Tengku Nasyaruddin Said Effendy (Tenas Effendy), menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputra Nararya, dari Pemerintah Republik Indonesia yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (15/8/2019).

Anak kandung almarhum Tenas Efendy, Tengku Hidayati Effiza, menerima langsung penghargaan tertinggi bagi tokoh budayawan Riau, dari Presiden Joko Widodo. Berupa Surat Keputusan dan setifikat dari Pemerintah RI. 

“Alhamdulillah, tentu kita sebagai masyarakat Riau bangga dan berterimakasih, kepada Presiden dan Pemerintah Republik Indonesia. Kami menerima SK dan sertifikat, sedangkan medalinya di tinggal karena bapak almarhum, dan disimpan oleh pemerintah,” kata Tengku Hidayati.

“Almarhum bapak menerima penghargaan di budaya, dan ini bentuk kepedulian negara menghargai jerih payah pak Tenas, tentu masyarakat Melayu Riau. Seorang putra bangsa, putra Melayu Riau menerima penghargaan dari pemerintah RI,” tambahnya.

Tengku Hidayati yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Pemerintah Provinsi Riau ini juga berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah memberikan semangat kepada keluarga Almarhum. Pada masa Almarhum Tenas Effendy menjabat sebagai tokoh adat Melayu Riau. 

“Tentu kami juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Riau. Pak Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, juga ikut menghadiri acara penyerahaan penghargaan. Selain itu dari LAM juga hadir, ketua Syahril Abu Bakar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zein, mengatakan Almarhum Tenas Effendy menerima Penghargaan tersebut merupakan usulan dari Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud). 

“Almarhum merupakan tokoh pejuang Riau, dan juga tokoh adat Melayu Riau yang telah banyak berbuat bagi negri Melayu Riau dan juga Indonesia. Ini suatu kehormatan bagi Riau, salah satu tokoh Riau masuk dalam penerima penghargaan,” tambahnya.

Selain Almarhum Tenas Efendy, tokoh lainnya penerimaan Bintang Mahaputra Nararya, yakni Arifin Panigoro, pendiri dan penasehat PT Medco Internasinal Tbk, Sofyan Wanandi, Ketua tim Ahli Wakil Presiden RI, dan almarhum Siti Maryam Muhammad Salahuddin, ilmuan kebudayaan daerah Bima. Sedangkan almarhum Tenas Effendy, akademisi dan budayawan. 

“Pemberian penghargaan ini melalui proses yang cukup panjang, mulai dari pengusulan, disidangkan, verifikasi dan di tetapkan. Penghargaan ini juga bersempena hari kemerdekaan RI 17 Agustus. Tentu suatu penghargaan yang tinggi bagi kita Riau, tokoh dan budayawan Melayu Riau menerima penghargaan tertinggi dari pemerintah,” ungkap mantan Karo Humas Setdaprov Riau ini. 

Reporter: Nurmadi


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar