Pendidikan

SMK Labor Pekanbaru Sabet Juara 1 Lomba Perpustakaan Nasional

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - SMK Labor Pekanbaru binaan FKIP Unviersitas Riau meraih juara I di ajang Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI. 

Sedangkan di posisi kedua yakni Perpustakaan Gita Ganesha dari SMAN I Jetis, Provinsi Yogyakarta dengan nilai 925,9 dan di posisi ketiga SMAN 5 Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Perpustakaan M Zein Latif mengatakan, prestasi ini dapat diraih berkat inovasi yang terus dilakukan pihaknya dalam mewujudkan perpustakaan digital.

"Konsep yang kita usung itu unik, jadi berhasil meraih juara pertama lomba perpustakaan SLTA terbaik tingkat nasional tahun 2019," kata Latif dalam keterangan tertulis diterima Riaumandiri.co, Ahad (18/8/2019).

Keunggulan perpustakaan yang menyokong kegiatan literasi ini, antara lain aplikasi Go-book, di mana siswa tidak harus ke perpustakaan untuk meminjam buku. Cukup memesan melalui website, petugas yang disebut laskar akan siap mengantarkan ke seluruh penjuru sekolah. 

"Go-book itu aplikasi pemesanan antar buku ekspres, eco literasi digital adalah aplikasi pindai cepat mengenai tumbuhan, sedangkan sepakling merupakan model literasi bergerak," jelas Latif.

Eco literasi dibangun dari bahan ramah lingkungan. Di setiap pohon tanaman maupun pojok-pojok bacaan barcode yang bisa di-scan melalui aplikasi eco literasi, bisa di-download melalui google store. 

Untuk jumlah buku, perpustakaan ini memiliki 14 ribu eksemplar koleksi buku. Sepuluh ribu di antaranya berbentuk digital. 

Dia mengatakan SMK Labor yang masuk lima belas perpustakaan terbaik nasional ini akan terus melakukan inobasi untuk menjadi perpustakaan berbasis digital.

"Kita akan terus berinovasi dan berbenah untuk hasil yang lebih baik lagi," katanya.

 

Reporter: Rico Mardianto


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar