Riau

Syamsuar: Kementerian PUPR Akan Kaji Sungai Siak dan Masalah Banjir Pekanbaru

Foto: Antara

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengadakan kajian terhadap Sungai Siak. 

Di mana sungai terdalam di Indonesia itu sudah lama tercemar oleh limbah domestik yang dihasilkan industri dan rumah tangga.

"Kita sudah mendapat dukungan dari Kementerian PUPR, yang akan menurunkan tim peneliti dari Korea Selatan bekerja sama dengan IPB untuk mengkaji Sungai Siak dari hulu sampai hilir," kata Syamsuar, Minggu (18/8/2019).

Selain itu, sebut Syamsuar, dirinya meminta tim tersebut juga mengkaji masalah banjir di Kota Pekanbaru yang tak lepas dari aliran sungai yang terhubung dengan parit-parit di Kota Pekanbaru .

"Kami ingin sungai-sungai di Riau ini bersih dan masalah banjir di Kota Pekanbaru juga perlu dikaji agar banjir tak terjadi lagi," kata dia. 

Menurut Syamsuar, sampah plastik juga menjadi penyebab pencemaran lingkungan cukup serius. Untuk itu, perlu gerakan mengurangi penggunaan kantong plastik.

"Dalam rapat sudah saya sampaikan ke semua OPD agar ke depan kita mengurangi penggunaan kantong plastik. Plastik ini juga bisa menimbulkan penyakit bermacam-macam, ikan yang makan plastik kemudian kita makan, nanti penyakit yang dibawa oleh ikan masuk ke dalam tubuh," kata Syamsuar.


Reporter: Rico Mardianto


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar