Hikmah

443 Jamaah Haji Kloter I Riau Tiba Dini Hari Tadi di Pekanbaru, Disambut Langsung Gubri

Sebanyak 443 jamaah haji asal Riau kelompok terbang 1 Embarkasi Haji Antara (EHA) Pekanbaru BTH 2 tiba di Asrama Haji Riau di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru, Senin (19/8/2019) dini hari. (Foto: RMC/Rico Mardianto).

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Sebanyak 443 jamaah haji asal Riau kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Haji Antara (EHA) Pekanbaru BTH 2 tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Senin (19/8/2019) dini hari, pukul 01.30 WIB.

Tiba di Asrama Haji Riau di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru, para jamaah disambut langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar didampingi Pj Sekda Ahmad Syah Harrofie. Acara penyambutan dimulai pukul 03.45 WIB.

Dalam sambutannya Gubri mengucapkan selamat datang kepada jamaah haji yang tiba dengan selamat ke Provinsi Riau. Dia berharap para jamaah haji dapat memelihara predikat haji mabrur.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua petugas kloter yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Ini adalah pertama kali kita dipercaya pemerintah sebagai embarkasi haji antara di Provinsi Riau. Kepada jamaah saya ucapkan selamat datang dan berkumpul kembali dengan keluarga," kata Syamsuar dalam sambutannya.

Ketua Kloter I Riau, Rialis Muhammad Saleh mengatakan perjalanan balik ke tanah air 443 jamaah haji tersebut berjalan lancar didampingi 5 orang petugas. Hingga saat ini, kata dia, tercatat ada 7 orang jamaah haji asal Riau yang meninggal dunia di Tanah Suci.

Dia menjelaskan selama prosesi ibadah haji berlangsung, banyak jamaah asal Riau yang sakit-sakitan dan kelelahan sehingga harus dirawat beberapa hari di Puskesmas PPIH.

"Kami berangkat dari sini tanggal 5 Juli 2019, alhamdulillah kami yang tiba di sini berjumlah 448 orang dengan rincian 5 orang panitia telah selesai melaksanakan rangkaian ibada haji di Tanah Suci. Kami mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Gubernur Riau dan seluruh panitia Embarkasi Haji Antara atas pelayanan yang diberikan terhadap seluruh jamaah," katanya kepada Riaumandiri.co, Senin (19/8/2019) di Asrama Haji Riau.

Pantauan di lapangan, kedatangan rombongan jamaah dikawal oleh petugas dari kepolisian, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. Setelah acara penyambutan, para jamaah dibawa ke Kantor Kemenag Kota Pekanbaru untuk serah terima dengan pihak pemerintah kabupaten/kota. 

 

Reporter: Rico Mardianto


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar