Riau

32 OPD Pemkab Kampar Ekspos Sakip di Hadapan Kementerian PAN-RB

Asisten Administrasi Setda Kampar Syamsul Bahri melakukan ekspos di depan KemenPAN-RB.

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Sebanyak 32 organisasi perangkat daerah (OPD) plus Rumah Sakit Umum Daerah Bangkinang mengikuti evaluasi Sistem Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB), serta penyampaian ekspos program daerah yang taja oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan-RB.

Ekspos oleh OPD di lingkungan Pemkab Kampar diadakan di Hotel Premiere Pekanbaru, Rabu, (21/8/2019) di hadapan evaluator dari Kemen-PAN-RB yang dipimpin oleh Kamaruddin, Ketua Tim Gempar Ganefianto dan anggota  Tri Susilo, Aiaz Rajasa, Puti Rahmawati, dan Nabila Haedara.

Kegiatan ini untuk penajaman program serta output yang sesuai dengan ketetapan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Merujuk Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi tahun 2010-2025 serta Peraturan Kemen PAN dan RB Nomor 30 Tahun 2014 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Namor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi lnstansi Pemerintah, dan Permen-PAN dan RB Nomor 11 Tahun 2015 tentang Road Map Reformasi Barokrasi Tahun 2015-2019," kata Puti Rahmawati narasumber dari Kementerian-Pan RB.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan akses data dan informasi yang dibutuhkan oleh Tim Evaluator Kemenpan-RB, mengkoordinasikan dan membantu pelaksanaan evaluasi dalam mengumpulkan dan menyampaikan data yang dibutuhkan Tim Evaluator Kemenpan-RB.

"Serta mengkoordinasikan pelaksanaan untuk lanjut hasil evaluasi terhadap instansi pemerintah agar dicapai perbaikan pelaksanaan reformasi birokrasi  berkelanjutan," katanya.

Ditambahkan Puti Rahmawati, selain diikuti Kabupaten Kampar kegiatan ini juga diikuti oleh kabupaten/kota se-Provinsi Riau selama 2 hari. 

Kegiatna ini bertujuan untuk kebaikan terhadap tata kelola pemerintahan, sehingga nilai dan indikator  yang ditetapkan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Sementara itu Plh Bupati Kampar Drs. Yusri yang diwakili Asisten Administrasi Setda Kampar Syamsul Bahri menyebut kegiatan ini dalam rangka menyampaikan program dan kegiatan dalam upaya perbaikan kinerja daerah dan terhadap keberlanjutan terhadap reformasi birokrasi di Riau khususnya di Kabupaten Kampar sehingga nilai yang diperoleh dapat meningkat dari tahun kemarin.

"Materi yang disampaikan berupa visi dan misi daerah, visi dan misi kepala daerah serta  program yang menjadi urusan wajib dan mandatori," terangnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kampar Afrizal menyatakan berharap pengelolaan dan perencanaan sesuai dengan program yang telah disesuaikan dengan Sakip yang telah ditetapkan oleh Kementerian PAN-RB.

"Kegiatan ekspos ini disampaikan oleh seluruh kepala OPD dilingkungan Pemkab Kampar dan Rumah sakit umum daerah Bangkinang, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat Bagi kemajuan Kabupaten Kampar," tutup Afrizal.


Reporter: Ari Amrizal


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar