Riau

Dinas Perikanan dan Forikan Kampar Gelar Gemarikan 2019

Peserta lomba masak ikan yang ditaja Dinas Perikanan Kampar.

RIAUMANDIRI.CO, BANGKINANG - Dinas Perikanan dan Forum Perikanan (Forikan) Kabupaten Kampar melaksanakan kegiatan lomba masak menu ikan dalam rangka Gemarikan 2019 yang diikuti oleh 21 kecamatan dan sekolah di Kabupaten Kampar berlokasi di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang Kota, Kamis (22/8/2019).

Selain lomba memasak, acara yang mengangkat tema "Keluarga Sehat Negara Kuat" juga menggelar lomba mewarnai untuk TK yang diikuti oleh 30 anak dengan mengambil tema melukis ikan.

Ketua Forikan Kabupaten Kampar Juli Mastuti mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Kampar memberikan dukungan serta menyosialisasi agar masyarakat dan generasi muda mengkonsumsi makanan berasal dari ikan, bahkan dimulai sejak dini dan balita. 

"Karena salah satu upaya untuk peningkatan sumber daya manusia tak terlepas dari nutrisi yang dikonsumsi, salah satu nutrisi dan gizi yang tinggi adalah berasal dari perikanan dan produknya," ungkap Juli.

Sekretaris Perikanan Zulfahmi mewakili Kepala Dinas Perikanan mengatakan pelaksanakan Gemarikan 2019 di Kabupaten Kampar telah berjalan dengan baik. 

Melalui kegiatan ini pihaknya terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

"Karena ikan mengandung omega 3 dan omega 8 dan kandungan gizi lain yang sangat tinggi, untuk standar mekan ikan sebanyak 50 kg per hari per kepala, sementara untuk kampar baru 41 sampai 43 kg per hari per orang. Jadi kita terus sosialisasikan makan ikan di Kampar," pinta Zulfahmi. 

Sementara itu penanggung jawab kegiatan Helmi menyampaikan Kegiatan Gemarikan 2019 ini diikuti oleh pengurus PKK dari 21 kecamatan.

Inovasi masakan ditampilkan generasi muda dari berbagai sekolah di Kabupaten Kampar, begitu juga mengadakan live cooking dan bazaar pengelolaan ikan.

"Keluarga sehat negara kuat, tema ini untuk kita jadikan pijakan dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk gemar makan ikan," katanya.

Pada lomba ini Kecamatan Kuok meraih juara umum dengan peroleh dua lomba meraih juara I pada menu Keluarga dan Menu Balita, dan juara II pada menu Kudapan.

Sementara untuk peraih juara mewarnai diraih oleh juara 1 Kanza Az-Zahra, juara dua Latifah ihnanidan juara tiga  Siena.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Riau, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Usman Amin, Plh Ketua TP Kampar  yang juga Ketua Forum ikan Kabupaten Kampar, Rektor Universitas Pahlawan Bangkinang Diwakili Usman, pengurus PKK Kabupaten Kampar dan peserta dari 21 Kecamatan se Kabupaten Kampar. 


Reporter: Ari Amrizal
 


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar