Nasional

Zulkifli Hasan: Masalah Papua Tak Bisa Diselesaikan Hanya dengan Bangun Jalan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawatan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menilai masalah yang terjadi di Papua bersifat multidimensi.

Hal itu ia sampaikaan saat acara Jalan Sehat 4 Pilar 5 km Bersama MPR, di halaman utama komplek Gedung MPR/DPR/DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (25/8/2019).

"Kita merasa prihatin atas apa yang terjadi di Papua. Untuk itu dengan sosialisasi yang dilakukan, kita ingin mengeratkan kembali Merah Putih. Memperkuat persatuan merupakan sesuatu yang selalu digagas MPR," kata Zulkifli.

Untuk mengatasi gejolak yang sudah berlangsung lama di Papua, menurut Zulkifli, harus fokus pada penyelesaian masalah yang terjadi. 

"Menyelesaikan masalah di sana tidak bisa hanya diselesaikan dengan membangun jalan, bandara, atau infrastruktur lainnya," kata dia.

Dia berkata, negara harus melakukan pendekatan persuasif untuk merebut hati orang Papua. Provinsi di paling timur itu menurutnya perlu perlakuan khusus agar setara dengan yang lain. 

"Saya sering ke sana dan membaur dengan masyarakat Papua," katanya.

Belum lama ini terjadi demonstrasi yang berujung kerusuhan di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat yang dipicu oleh tindakan diskriminasi yang dilakukan sekelompok orang terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.

 

Reporter: Irawan Surya


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar