Gagasan

Masyarakat Indonesia Harus Dapat Mengakses Pendidikan Tinggi

Oleh: Hafrizal Okta Ade Putra*

RIAUMANDIRI.CO - SDM Unggul, Indonesia Maju, sebuah tema menarik yang diusung Pemerintah Republik Indonesia dalam rangka peringatan HUT RI yang ke-74. Tema tersebut menggambarkan bahwa pemerintah Indonesia terus berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk kemajuan Indonesia di masa yang akan datang.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah melalui pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam 
mencerdaskan kehidupan masyarakat dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dapat menghasilkan inovasi dan kreativitas dan meningkatkan daya saing Indonesia dalam menghadapi globalisasi.

Sejalan dengan tema yang diusung pemerintah untuk peringatan HUT RI tahun 2019 ini, pada tahun 1922, jauh sebelum kemerdekan RI, Tamansiswa hadir dengan semangat yang sama tentang pentingnya pendidikan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

National Onderwijs Institut Tamansiswa didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara, Pahlawan Pendidikan Nasional, pada tanggal 3 Juli 1922 di Yogyakarta. Suatu usaha di bidang pendidikan yang beralaskan hidup dan penghidupan bangsa. Pada saat itu Tamansiswa hadir sebagai lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi kaum pribumi untuk memperoleh hak pendidikan sebagaimana halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Untuk mewujudkan semangat tersebut dan keterjangkauan untuk mengkakses pendidikan tinggi, Universitas Tamansiswa Padang (UNITAS Padang) mengusung  semangat yang sama. Pemerataan yang berkeadilan bagi masyarakat untuk memperoleh pendidikan tinggi bermutu yang merupakan suatu keharusan.

Dengan biaya pendidikan yang terjangkau, waktu perkuliahan yang fleksibel, maka siapa saja dapat mengakses pendidikan tinggi di UNITAS Padang. Bagi yang tidak atau kurang mampu, Unitas Padang terus berupaya mencarikan beasiswa dari pemerintah maupun bermitra dengan pihak swasta.

Selain itu, UNITAS Padang juga berupaya menyediakan beasiswa dari pembiayaan internal. Terhitung dari tahun 2015 sampai sekarang, UNITAS Padang telah menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa sekitar 1,2 miliar rupiah.

Maka tidak ada alasan untuk tidak dapat menempuh pendidikan tinggi, jika ada niat dan usaha dari setiap calon mahasiswa, pasti ada jalan. Jika dilihat rata-rata lama sekolah di Sumatera Barat masih 8,76, artinya masih jauh dari harapan untuk sampai di angka perguruan tinggi. Tantangan semakin lama semakin berat, globalisasi, revolusi industri, bonus demografi, dan berbagai tantangan lainnya yang akan dihadapi generasi muda atau masyarakat Indonesia kedepannya.

Dengan pendidikan yang baik, maka akan mampu mengubah bangsa ini menjadi lebih baik. Walaupun dalam dalam kehidupan di sekitar kita ada yang tidak mendapatkan pendidikan tinggi bisa sukses, tetapi akan lebih baik lagi jika kesuksesan itu didukung dengan pendidikan tinggi, agar dapat mengoptimalkan kesuksesan. ***


*Penulis:
> Wakil Rektor II Universitas Tamansiswa Padang
> Ketua Lembaga Kerjasama dan Pengembangan Institusi Universitas Tamansiswa Padang
> Sekretaris Senat Universitas Tamansiswa Padang




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar