Ekonomi

Jarak Pandang 800 M Belum Ganggu Penerbangan di Bandara SSK II

Kota Pekanbaru terlihat diselimuti kabut asap, Selasa (Foto: Attaya)

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU – Jarak pandang yang hanya 800 meter - 1 kilometer belum menganggu penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Sampai saat ini belum ada terjadi pembatalan, baik pesawat yang landing maupun take off untuk semua maskapai. 

General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Yogi Prasetyo menjelaskan, aktifitas di Bandara SSK II masih dalam keadaan normal, karena jarak pandang masih di atas 800 meter, dan pesawat masih bisa mendarat.

“Perlu kami sampaikan saat ini penerbangan di Bandara SSK II masih normal. Jarak pandang berkisaran 1.500 meter, naik turunlah. Kita ini ada alat bantu untuk pendaratan, sehingga jarak pandang antara 800 sampai 1000 meter pesawat landing aman di bandara SSK II,” jelas Yogi, saat dihubungi, Selasa (10/9/2019).

“Bandara masih normal, tadi sudah ada yang landing dua pesawat. Alhamdulillah juga ada yang take off, sampai saat ini masih normal,” tambahnya. 

Lebih jauh dikatakan Yogi, pihaknya akan terus memantau kondisi cuaca yang ada di wialayah Riau. Dengan kondisi Kahutla yang masih terus terjadi menyebabkan asap yang tebal dan dikhawatirkan akan mengganggu penerbangan. Sebagai antisipasinya pihak bandara memantau cuaca melalui BMKG.

“Untuk antisipasi kita tetap koordinasi dengan teman-teman di BMKG Airnaf, untuk memastikan keamanan. Dari angkasa pura kita cek demua standarnya, sehingga bandara kita beroperasi dengan normal,” ungkap dia.

Untuk diketahui, dari analis BMKG, kualitas udara di Pekanbaru sudah tidak sehat yakni mencapai angka PM10 219. Sementara jarak pandang di Bandara SSK II hanya 800 meter akibat ditutupi asap karhutla.

Reporter: Nurmadi


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar