Wisata

Pasar Malam Bina Persada Siak Jadi Destinasi Wisatawan Luar Daerah

Pasar Malam Bina Persada Entertainment di Kampung Bungaraya dipadati pengunjung.

RIAUMANDIRI.CO, SIAK – Pasar Malam Bina Persada Entertainment di Kampung Bungaraya, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak mampu menyerap tenaga kerja tempatan. 

Pasalnya, dengan hadirnya pasar malam yang dikelola oleh ormas Ikatan Pemuda Karya (IPK) itu, masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan bisa mendapatkan pekerjaan di sana.

Bukan itu saja, IPK juga melibatkan seluruh element masyarakat mulai dari Karang Taruna, Pemuda Pancasila, Banser, dan ormas lainnya dalam menjalankan kegiatan pasar malam tersebut.

Banyak jenis wahana yang disiapkan untuk pengunjung di pasar malam itu, mulai dari tong setan (roda-roda maut), kuda mini putar, kursi mini terbang (ontang-anting), sampan mini putar, stand bollink (Rondo Ayu) dan wahana lainnya. Saking banyaknya permainan dan hiburan di pasar malam itu, bukan saja masyarakat tempatan yang mendatangi pasar itu, tapi juga dari masyarakat luar daerah seperti dari Siak Kecil Bengkalis, Pelalawan, dan Pekanbaru.

Ketua Panitia Jon Elfi, yang juga sebagai Ketua IPK Kecamatan Bungaraya mengatakan, untuk kegiatan pasar malam itu, ia menggandeng seluruh elemen masyarakat yang ada di kampung tersebut.

"Dalam pelaksanaan di lapangan, selain IPK sebagai penggerak, kita juga melibatkan semua elemen yang ada di sini, mulai Karang Taruna, Pemuda Pancasila, Banser, serta pemuda yang memang membutuhkan pekerjaan di sini,” kata Jon Elfi kepada Riaumandiri.co, Selasa (10/9/2019).

Dia mengatakan, dalam kegiatan itu petugas parkir dan dan SPG atau jaga stan digilir dari dusun yang ada.

“Untuk parkir kita serahkan ke Karang Taruna, untuk sistem kerjanya digilir per dusun. Ada juga yang kerja sebagai SPG di setiap wahana yang tersedia dan mereka mendapatkan upah dari pekerjaan itu,” ujarnya.

Jon menjelaskan, dalam kegiatan ini sebanyak 107 orang pekerja yang terserap. Selain itu, banyak juga pedagang tempatan diberikan tempat dengan cara sewa lapak.

Anton, salah satu pedagang di pasar malam itu mengatakan, selama berdagang di pasar malam, banyak sekali pengunjung yang datang, apalagi ketika malam libur.

"Luar biasa pengunjungnya sangat ramai sekali ketika malam liburan, dan pelayanan panitia juga sangat bagus dan tidak ada masalah," ungkapnya.

Salah satu pengunjung dari Pekanbaru juga mengungkapkan sangat terhibur dengan adanya pasar malam ini. Dia bersama teman-temannya merasa nyaman karena tidak ada gangguan dan rasa waswas soal keamanan.

"Kami jauh-jauh melihat pasar malam ini sekaligus ingin melihat keindahan Siak, kususnya Kecamatan Bungaraya, yang mana terkenal dengan lumbung padi dan agrowisatanya," ungkapnya.


Reporter: Sugianto


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar