Pendidikan

Bangkitkan Semangat Pelajar Desa Kertajaya, Mahasiswa Kukerta Unri Adakan Latihan Kepemimpinan

RIAUMANDIRI.CO, TEMBILAHAN - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) di Desa Kertajaya, Kecematan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir Riau, bangkitkan semangat jiwa kepemimpinan pelajar dengan menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) antarpelajar SD-SLTP.

LDK tersebut bertema “Menciptakan Generasi Milenial Berjiwa Pemimpin Guna Bangsa dan Agama”. Kegiatan yang merupakan salah satu program kerja mahasiswa Kukerta Unri 2019 ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Kantor Desa Kertajaya.

Ketua Pelaksana LDK, Dewi Anggun Sari mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan pelajar Desa Kertajaya menjadi pemimpin di masa akan datang.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan ini, pelajar di Desa Kertajaya berani dalam mengungkapkan pendapat dan berani berbicara di khalayak ramai. Sehingga pelajar bisa aktif dan bisa berkerjasama dengan masyarakat,” kata Anggun, Selasa (10/9/2019).

Peserta LDK ini berjumlah 25 peserta yang terdiri dari siswa SDN 009 Kempas, MTS Teluk Kiambang, dan SMP Teluk Kiambang. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang didukung oleh masyarakat Desa Kertajaya, baik dari pihak Kepala Desa, Kepala Sekolah dan pihak perangkat desa lainnya.

Wakil Kepala SDN 009 Kempas, Syarifuddin mengungkapkan, kegiatan ini sangat diperlukan untuk pelajar. Hal ini disebabkan pelajar sangat kurang dalam mengetahui kepemimpinan, sehingga kurangnya motivasi dan minat bagi pelajar untuk meneruskan jenjang pendidikan lebih lanjut.

“Pelajar di Desa Kertajaya sangat rendah atas motivasi mereka untuk pendidikan. Ini dikarenakan jauhnya akses pendidikan tersebut, seperti halnya untuk ke SMP Kiambang membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dengan kendaraan,” tutup Syarifuddin yang juga selaku pegawai Desa Kertajaya.


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar