Penilaian perkotaan dan Pedesaan

Dua Kecamatan di Rohil Wakili Riau Ikut Lomba Toga Nasional

Ketua tim penilaian kemenkes Priyatmo Tri wibowo didampingi Bupati Rohil H Suyatno,Camat Bagansinembah Sakinah saat meninjau TOGA Perkotaan di Desa Bhayangkara Jaya, Kecamatan Bagansinembah

RIAUMANDIRI.CO, ROKAN HILIR - Dua Kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir yakni Bagansinembah dan Balaijaya mengikuti lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Akupresur tahun 2019 oleh Kementerian Kesehatan RI.

Kecamatan Bagansinembah mengikuti Toga di bidang perkotaan yang dipusatkan di Kepenghuluan Bhayangkara Jaya. Sementara Kecamatan Balaijaya di bidang Pedesaan di Kepenghuluan Balam Jaya.

Kedatangan tim penilai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kamis (12/9/2019) yang didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Rokan hilir Hj Wan Mardiana Suyatno di lokasi penilaian disambut dengan tarian selamat datang dan sejumlah kegiatan lainnya seperti drama pemanfaatan Toga.

Ketua Tim Penilai Nasional Priyatmo Tri Wibowo dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI menyampaikan, hendaknya momentum ini dijadikan sebuah kebudayaan, sehingga kegiatan pembinaan terus dilaksanakan dan tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat yang menanam tanaman Toga di pekarangan rumahnya.

“Manfaat akan terus didapatkan apabila kita memanfaatkan pekarangan dengan tanaman toga. Setidaknya mampu memberikan pengobatan kepada warga masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Bupati Rohil dalam sambutannya mengharapkan penilaian yang dilaksanakan dapat memotivasi para kader dan keluarga binaan kelompok asuhan mandiri untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui toga.

“Kesehatan tradisional dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat atau keluarga dalam mengatasi gangguan kesehatan ringan yang ada di dalam keluarga dengan memanfaatkan tanaman toga dan akupresur,” katanya.

Reporter: Joni Saputra


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar