Advertorial

Bengkalis Pertahankan Juara Umum Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Riau

Kontingen TP PKK Kabupaten Bengkalis foto bersama usai penyerahan penghargaan

RIAUMANDIRI.CO, BENGKALIS - TP PKK Kabupaten Bengkalis kembali keluar sebagai juara umum pada Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Riau Tahun 2019  yang berlangsung di Pekanbaru, Rabu (11/9/2019).

Pada ajang tahunan yang diikuti kader-kader terbaik TP PKK dari kabupaten/kota se-Riau, kontingan TP PKK dari kabupaten berjuluk Negeri Junjungan berhasil memboyong 3 juara I, 2 juara III dan 1 harapan I.

Pada lomba pidato, yel-yel dan pantun kader PKK Kabupaten Bengkalis mendapatkan juara 1. Lomba penyuluhan Pokja II dan parade/defile juara III serta lomba design busana harapan  I.

Lewat kader TP PKK Kabupaten Bengkalis ini, Negeri Junjungan telah menjadi juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Pada tahun 2017 dan 2018, juga keluar sebagai juara umum dengan sama-sama memboyong empat penghargaan. Sementara untuk tahun ini berhasil membawa pulang 6 penghargaan dari 7 perlombaan yang diikuti.

 

 

 

Dari tujuh perlombaan yang diikuti kader PKK Kabupaten Bengkalis ini, ada satu pelombaan yang baru diikuti dan dipertandingkan pada jambore PKK tingkat Provinsi Riau, yakni lomba pantun.

Pada tahun 2017, 4 penghargaan yang berhasil diboyong TP PKK kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini adalah Juara I lomba Parade Defile, Juara II lomba penyuluhan Pokja II, Harapan I lomba Penyuluhan Pokja IV dan lomba Busana Melayu yang juga mendapatkan Juara Harapan I.

Kemudian tahun 2018, Juara I lomba Parade Defile, juara II lomba Yel-Yel serta Juara III untuk lomba penyuluhan Pokja I dan Pokja III.

Wakil Ketua III TP PKK Kabupaten Bengkalis, Akna Juwita yang ikut mendampingi kader PKK dalam berbagai perlombaan hingga penutupan ini mengucapkan selamat, salam dan pesan dari Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni.

 

Atas prestasi yang konsisten dipertahankan ini, Kasmarni Amril yang tak bisa hadir karena menghadiri Pameran Kriyanas di Jakarta, tetap mendapatkan informasi kemenangan Kabupaten Bengkalis, memberikan apresiasi dan ucapkan terima kasih.

Penghargaan tersebut bukan saja disampaikannya untuk anggota kontingen yang berlomba, tetapi juga mereka yang berada "di balik" dan ikut berkontribusi sehingga mampu mempertahankan prestasi TP PKK Kabupaten Bengkalis pada jambore di tahun 2019.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras para kader dan pihak lainnya yang terlibat, pada tahun 2019 ini TP PKK Bengkalis kembali meraih prestasi dari jambore Provinsi Riau tahun 2019 ini. Rasa syukur tak henti kita panjatkan tiga tahun berturut Kabupaten Bengkalis menjadi juara umum,” ujar Kasmarni. 

“”Kami berharap kepada kader TP PKK Kabupaten Bengkalis jangan puas dengan apa yang sudah diraih kali ini. Semoga ke depan dapat di pertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,’’ ujar isteri orang nomor satu di Negeri Junjungan ini.

.Sedangkan kepada yang gagal, Kasmarni juga memberikan semangat. Katanya kegagalan itu hanya keberhasilan yang tertunda.

"Jadikan kegagalan kali ini sebagai cambuk dan pembulat tekad untuk berbenah guna meraih keberhasilan seperti yang mereka raih kali ini," harapnya. 

Pidato dan Yel-yel Memukau

Pada lomba pidato, setiap peserta diwajibkan membawa tema “Peranan Tim Penggerak PKK dalam Upaya Pencegahan Stunting melalui 10 Program Pokok PKK”dalam pidatonya.
Berbeda dengan kader PKK kabupaten lainnya yang tampil di awal, utusan Bengkalis, Siti Rahayu tampil pada undian sembilan dari 12 kabupaten/kota se- Riau,  terlihat percaya diri berpidato dihadapan dewan juri.

Dengan leluasanya Siti Rahayu menggerakkan tangan seiiring dengan pidato yang disampaikannya, menandakan bahwa ia telah memiliki persiapan yang  matang untuk berpidato di hadapan dewan juri.

Kemudian semangatnya yel-yel kader TP PKK Kabupaten Bengkalis membuat penonton dan juri yang ada di ruangan Gendung Dharma Wanita Jalan Diponegoro Pekanbaru menjadi merinding.

Penampilan yel-yel Kader PKK Kabupaten Bengkalis tersebut sebagai peserta dalam perlombaan yel-yel jambore PKK tingkat Provinsi Riau tahun 2019 Rabu, 11 September 2019.

Di balik pembuat penonton merinding ini adalah Susanti, Meriliana, Maya Karlina, Suryani, Ivo Fitria Ayu serta Ernawati.

 

Suara menggelegar dan gerak energik mereka mampu menghipnotis penonton untuk ikut menganggukkan kepala dan menikmati nyanyian yel-yel yang mereka bawakan.
Jambore Kader PKK kali ini Tim Parade Yel-yel Kabupaten Bengkalis mengangkat tema makan sayur dan buah. 

Pada Pembukaan Tim Yel-Yel Kabupaten Bengkalis, menampilkan gerak jalan dengan iringan lagu semangat dilanjutkan salam, penghormatan dan pantun. 
Seluruh peserta memakai pakaian olahraga songket Melayu lengkap dengan aksesorisnya semua bahan dari tenun Melayu Bengkalis. 

Tim yel-yel jambore kader PKK Kabupaten Bengkalis mengajak kepada penonton untuk membiasakan makan buah dan sayur setiap hari agar kualitas kesehatan semakin meningkat dan terhindar dari penyakit stunting.

Pada lomba kali ini, Kabupaten Bengkalis mendapat undian keempat. Namun harus melangkaui undian tiga karena pesertanya tidak terlihat hadir di ruangan perlombaan.
HKN Sabet 3 Gelar Sukses PKK Bengkalis tidak hanya di Jambore Kader, tapi  juga berlanjut di perlombaan Hari Keluarga Nasional (HKG) ke-47 yang  ditaja TP PKK Provinsi Riau. 

Ada lima perlombaan yang digelar, dimana tiga berhasil diboyong desa di Kabupaten Bengkalis. Juara yang berhasil Kabupaten Bengkalis rebut, yakni lomba pelaksana terbaik tertib administrasi PKK sebagai juara III (Desa Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu), lomba pelaksana terbaik Pola Asuh Anak Dan Remaja(PAAR) Juara III (Desa Jangkang, Kecamatan Bantan) dan lomba pelaksana terbaik IVA test Juara II (Kecamatan Bukit Batu).

Sementara perlombaan yang belum berhasil diraih Kabupaten Bengkalis, lomba pelaksanaan terbaik hatinya PKK serta lomba pelaksanaan terbaik kelompok UP2K PKK.
Pengumuman pemenang lomba Program Pokok PKK tersebut dilakukan saat penutupan  jambore PKK tingkat Provinsi Riau tahun 2019 di Gedung  Dahrma Wanita jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu malam.(adv)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar