Olahraga

Etape I Tour de Siak 2019, Nur Amirull Fakhruddin Rebut Podium

Nur Amirull Fakhruddin Marzuki (kiri) pebalap dari Trengganu Cycling Team berhasil sebagai yang pertama menerobos garis finish.

RIAUMANDIRI.CO, SIAK - Nur Amirull Fakhruddin Marzuki, pebalap dengan Nomor start 42 dari Trengganu Cycling Team berhasil merebut gelar juara 1 pada etape I Tour de Siak 2019, Kamis (19/9/2019).

Dengan jarak tempuh 59,1 km, ia berhasil menembus garis finish dengan catatan waktu satu jam, tujuh belas menit, delapan detik (1:17:08).

Ia berhasil meninggalkan 53 pebalap lainnya yang ikut memperebutkan gelar juara pada iven balap sepeda internasional yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Siak itu.

Nur Amirull Fakhruddin Marzuki merupakan pebalap di bawah binaan Tim Manager Aziz Mohd Saiful Anwar. Pada detik-detik menjelang finish, ia berada dalam satu rombongan yang berjumlah 6 rider, meninggalkan pebalap lainnya. Dari 6 pebalap yang ada di depan itu, ia berhasil mengambil posisi terdepan.

"Nomor Start 42, Nur Amirull Fakhruddin Marzuki," terang Tim Manager Aziz Mohd Saiful Anwar menjelaskan nama rider-nya yang menang.

Juara kedua diraih oleh pebalap dengan nomor star 64, atas nama Mohammad Gajkhanlou dari Tim Foolad Mobarakeh Sepahan, disusul oleh Stephan Bakker dari Tim Global Cycling Holland.

Juara empat diraih oleh Desriac Lois dari Nex Cycling Team. Selanjutnya posisi kelima direbut oleh Salvador Guardiora dari Kinan Cycling Team dan posisi keenam direbut oleh Genki Yamamoto dari Kinan Cycling Team.

Ke enam pembalap terdepan ini menembus garis finish dengan catatan waktu yang sama, yakni satu jam, tujuh belas menit, delapan detik (1:17:08). Keenamnya beradu cepat, jadi satu pleton memimpin pertandingan.

Dari data yang dirilis dewan juri, Gelar juara secara global diborong oleh tim dari negara luar. Rider asal Indonesia hanya mampu merebut posisi di juara 10, yakni Selamat Juangga dari KFC Team.

Sementara pebalap dari tim kebanggaan tuan rumah Bumi Siak Pusako hanya mampu merebut posisi 20, atas nama Matej Drinovec, dan Mohammad Nur Fathoni di posisi 22.

Race Direktur Tour de Siak Sindi Sampurno usai pertandingan memaparkan jalannya pertandingan. Sejak start 46 pebalap berpacu di satu pleton besar, di km 30 ada 8 pebalap berhasil break away meninggalkan rombongan. 8 pebalap ini menjadi satu pleton kecil memimpin di depan, dari titik ini pebalap asal Telrengganu sudah memimpin.

"20 km menjelang finish, grombolan besar di belakang sempat pecah menjadi dua pleton," cerita Sondi Sampurno.

"5 km menjelang finish, dari 8 orang yang memimpin, tercecer dua pebalap. Tinggal 6 rider yang berpacu di depan, dan pebalap asal Trengganu berhasil juara," terang Sondi Sampurno.


Reporter: Abdus Salam

 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar