Riau

Tak Ada Sumber Air untuk Padamkan Api, Relawan Rumah Zakat Harus Gali Parit 

RIAUMANDIRI.CO, PELALAWAN - Hingga hari Ahad (22/9/2019), Tim Relawan Rumah Zakat Action terus berjibaku memadamkan api meski dengan keterbatasan air di Kabupaten Pelalawan, Riau. 

Ketersediaan air yang terbatas menjadi kendala utama tim Relawan Rumah Zakat Action dalam memadamkan api di Pelalawa. Musim kemarau memang sudah lama berlangsung di Pelalawan, bahkan untuk kebutuhan sehari-hari warga harus membeli air. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan sudah mensiagakan satu unit mobil tangki air untuk mendukung tim di Desa Rantau Baru. Namun lahan yang terbakar hingga berhektare-hektare tidak akan tercukupi hanya dengan satu mobil tangki saja. Ditambah lagi jarak sumber air untuk mengisi ke mobil juga sangat jauh, sementara api terus mengganas.

Tim Relawan Rumah Zakat bersama tim satgas Karhutla Pelalawan tidak kehabisan akal. Hanya berbekal peralatan seadanya, tim terpaksa harus menggali parit dan rawa yang masih berlumpur guna mendapatkan air.

"Sumber air saat ini memang mulai sulit karena sedang musim kemarau, bagaimanapun kami akan terus semaksimal mungkin agar api ini cepat padam. Meski dengan peralatan seadanya,” ungkap Relawan Nusantara Rumah Zakat, Suardi.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar