Politik

Ini Celah Situs Kemendagri yang Dibobol Hacker

ilustrasi hacker

RIAUMANDIRI.CO, Jakarta - Pada pukul 18.00, Ahad (22/9/2019) situs Kemendagri www.kemendagri.go.id kena hack. Laman situs muncul terkait isu KPK. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membenarkan kejadian itu.

Riaumandiri.co mencoba membuka situs situ pada pukul 06.40 WIB, Senin (23/9) namun masih belum bisa diakses. Pada laman hanya tertulis This site can't be reached www.kemendagri.go.id refused to connect.

Tjahjo mengatakan berdasarkan laporan dari timnya, tujuan dari hack diduga terkait aspirasi KPK, dan ada celah yang dimasuki oleh hacker. "Celah masuk diduga melalui port file transfer dan atau melalui port database," kata Tjahjo.

Menurut Tjahjo setelah hacker beraksi dan diketahui, pihaknya langsung melakukan shutdown akses publik web server dan menutup akses port file transfer dan database

Untuk berikutnya untuk tindak lanjut perbaikan pihaknya melakukan backup database dan file dari web server dan menayangkan web server backup setelah proses backup selesai. Selain itu, tim melakukan security assessment pada web server yang terserang untuk menutup celah yang dibuat para hacker.**


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar