Riau

Indeks Keterbukaan Informasi di Riau, Pemkab Rohul Masuk Kategori Tertutup

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Merujuk hasil studi yang dilakukan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau tahun 2018, tingkat Keterbukaan Informasi proaktif pemerintah daerah di Provinsi Riau, relatif rendah. Untuk tingkat kabupaten/kota skor di bawah 50, bahkan ada daerah yang skornya sangat rendah, alias tidak ada informasi anggaran yang dipublikasikan melalui media informasi pemerintah (website).

"Pengukuran ini dilakukan dengan pendekatan berbasis website fokus pada informasi anggaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan," sebut Koordinator Fitra Riau, Triono Hadi, saat Launching Indeks dan Evaluasi Kinerja Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Riau, Senin (23/9/2019), di Hotel Grand Zuri Pekanbaru.

Sementara berdasarkan hasil perhitungan indeks rerata seluruh aspek (kelembagaan, Informasi anggaran, dan informasi TKHL), ujar Triono, maka dapat dihitung nilai indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP). 

"Hasilnya, nilai IKIP tidak ada satu pun daerah di Riau yang masuk kategori sangat terbuka, dua daerah kategori terbuka, tiga daerah kategori cukup terbuka, lima daerah kategori kurang terbuka, dan tiga daerah kategori tidak terbuka/tertutup."

Berikut peringkat dan skor IKIP Pemprov Riau dan 12 Pemkab/Pemko se-Provinsi Riau. Pertama, Kategori Sangat Terbuka dengan interval skor 81-100, tidak ada.

Kategori Terbuka dengan interval 61-80, diraih oleh Pemkab Indragiri Hulu dengan skor 73,6, dan Pemerintah Provinsi Riau dengan skor 67,2. Kategori Cukup Terbuka dengan interval 41-60, diraih oleh Pemkab Bengkalis dengan skor 56,5, Pemkab Siak 55,9, dan Pemko Dumai 41,4.

Kategori Kurang Terbuka dengan interval 21-40, diraih oleh Pemkab Pelalawan dengan skor 39,65, Pemko Pekanbaru dengan skor 25,95, Pemkab Rokan Hilir dengan skor 25,2, Pemkab Kampar dengan skor 23,6, dan Pemkab Indragiri Hilir dengan skor 22,45.

Terakhir Kategori Tidak Terbuka/Tertutup dengan interval 0-20, diraih oleh Pemkab Rokan Hulu dengan skor 18,9, Pemkab Meranti dengan skor17,5, dan Pemkab Kuantan Singingi dengan skor 17,1.


Tags Rohul

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar