Riau

Bahas Kabut Asap, DPRD dan Pemda Rohul Gelar Pertemuan

DPRD Rohul gelar rapat dengar pendapat bersama Pemda Rohul

RIAUMANDIRI.CO, ROKAN HULU – DPRD Kabupaten Rokan Hulu menggelar pertemuan dengar pendapat bersama Pemerintah kabupaten Rokan Hulu, Senin (23/9/2019). Pertemuan tersebut dilaksanakan menyikapi kabut asap yang kian pekat menyelimuti langit Rokan Hulu.

Pertemuan yang digelar di ruangan Banggar, dipimpin langsung oleh Pimpinan DPRD Rohul sementara, Novliwanda Ade Putra, dihadiri sejumlah anggota DPRD Rohul lainnya. Sementara dari Pemda Rohul, dihadiri Sekda Abdul Haris, dan sejumlah Kepala OPD.

Dalam pertemuan tersebut, pimpinan Novliwanda Ade Putra meminta kepada Pemerintah kabupaten Rohul agar membangun posko kesehatan baik di Pemerintahan maupun di swasta. Kemudian memberikan pelayanan kepada korban ISPA akibat kabut asap.

Selain itu, Pemerintah diminta meliburkan ASN khususnya ibu hamil termasuk swasta yang sudah lansia.

“Kemudian, untuk 2020 nanti menjadi prioritas pemerintah untuk pengadaan alat ukur indeks kualitas udara. Kita tidak ingin kualitas udara (di Rohul) tidak dapat diukur dengan baik,“ jelas Wanda.

Selain itu, Wanda juga menekankan agar Dinas Kesehatan membuat Posko kesehatan sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa Rumah Sakit, ruang ber AC yang kedap asap agar dijadikan sebagai tempat penampungan bagi masyarakat yang terkena Ispa.

“Demikian juga di Kantor DPRD. Tentu diharapkan untuk dibuat posko penanggulangan korban ISPA, dengan menyediakan alat tenaga medis, alat medis beserta kelengkapan lainnya. Untuk sementara ruangan komisi bisa digunakan sebagai posko alternatif penanggulangan korban asap di DPRD,“ tutup Wanda.

Sementara itu Sekda Rohul, Abdul Haris mengatakan bahwa kabut asap yang melanda Rohul merupakan kiriman dari daerah lainnya. Namun begitu sebut Abdul Haris, kabut asap yang melanda Rohul tetap disikapi secara serius sesuai dengan surat edaran Pemrov Riau, tentang penetapan status darurat polusi udara.

“Dengan penetapan status darurat polusi udara itu, tentu memiliki perhatian dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dimana, dari tanggal 11 September 2019 kita sudah buka posko kesehatan dampak asap, baik Puskesmas, maupun RSUD,“ ujar Sekda.

“Dan hari ini, Pemda Rohul menambah posko kesehatan, salah satunya di DPRD Rohul, untuk dijadikan posko tempat pengungsian bagi yang terdampak kabut asap,“ terang Abdul Haris.

Selain itu, tambah Abdul Haris, pada Selasa (24/9/2019) besok akan digelar secara serentak Shalat Istisqa yang dilaksanakan di Masjid Agung Islamic Centre dan seluruh Kecamatan se-Rokan Hulu, dengan harapan Allah SWT segera menurunkan hujan.

Reporter: Agustian


Tags Rohul

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar