Riau

Forum PAUD Kampar Sosialisasikan Sekolah Ramah Anak

Pembukaan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak yang ditaja Forum PAUD di aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Senin (23/9/2019). (Foto: RMC/Herman Jhoni)  

RIAUMANDIRI.CO, BANGKINANG - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Kampar tahun 2019, Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kampar menggelar Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) bertempat di aula rumah dinas Bupati Kampar, Senin (23/9/2019). Bersamaan dengan acara sosialisasi ini juga digelar bazar PAUD yang diikuti PAUD perwakilan setiap kecamatan.

Acara ini dibuka oleh Ketua Forum PAUD Kabupaten Kampar Hj Muslimawati Catur yang diwakili oleh  Wakil Ketua Forum PAUD Kampar Juli Mastuti Yusri. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar Edi Afrizal, Bunda PAUD kecamatan se-Kabupaten Kampar, IGTKI, Himpaudi, TP-PKK Kabupaten Kampar, pengurus Forum PAUD Kabupaten Kampar.

Wakil Ketua Forum PAUD Kampar Juli Mastuti Yusri pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi sekolah ramah anak ini sesuai dengan program pemerintah yakni mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). 

“Untuk itu berbagai kegiatan telah kita lakukan dan untuk hari ini kita gelar kegiatan sosialisasi dan deklarasi  sekolah ramah anak serta bazar PAUD,” ujar Juli.

Disampaikan Juli Mastuti bahwa Kabupaten Kampar telah terima penghargaan sebagai  Kabupaten Layak Anak selama dua tahun berturut-turut tapi masih kategori pratama. 

“Dengan adanya kegiatan ini, maka seluruh  PAUD di Kabupaten Kampar bisa memenuhi kriteria sebagai sekolah ramah anak sehingga tahun depan kita dapat meningkatkan kategori  Kabupaten Layak Anak yang lebih tinggi,” ujarnya.

Untuk itu Juli minta kepada seluruh PAUD  agar hasil sosialisasi ini bisa di praktekkan di lembaga (PAUD) masing-masing, sehingga ke depan ada perubahan terhadap pelayanan anak di PAUD. 

“Kepada Bunda PAUD kecamatan terus berkreasi sehingga dapat mendorong anak-anak untuk mandiri,” mintanya.

Sementara itu Ketua Panitia drg. Awal Haenniwati dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 200 orang dari PAUD se-Kabupaten Kampar ditambah dengan 21 Bunda PAUD Kecamatan, utusan organisasi-organisasi PAUD di Kampar, utusan Forum anak Kampar dan pengurus PAUD Kampar.

Narasumber berasal dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar dan Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten  Kampar.

Usai dibuka oleh Wakil Ketua Forum PAUD dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Sekolah Ramah Anak bagi PAUD se-Kabupaten Kampar dan peninjauan Bazar PAUD. Bazar PAUD ini menampilkan hasil kreasi anak dan guru PAUD seperti alat peraga dan permainan anak, serta kuliner.

Wakil Ketua Forum PAUD Juli Mastuti sangat terkesan dengan bazar yang ditampilkan PAUD kecamatan. Ia minta agar terus ditingkatkan kreasi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar atau lingkungan tempat tinggal. 


Reporter: Herman Jhoni


Tags Kampar

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar