PARLEMENTARIA

Melalui Rapat Paripurna Dewan, Tiga Pimpinan DPRD Pelalawan Diambil Sumpah Jabatan

Tiga Pimpinan DPRD Pelalawan periode 2019-2024 saat diambil sumpah jabatan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Meilinda Aritonang.

RIAUMANDIRI.CO, PANGKALAN KERINCI - DPRD Pelalawan, Senin (23/9/2019), kembali menggelar Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Jabatan kepada tiga pimpinan dewan sebagai syarat alat kelengkapan DPRD Pelalawan.

Dari ketiga pimpinan tersebut, Adi Sukemi, ST, MM dari Fraksi Golkar sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan Riau masa jabatan 2019-2024 dilantik di ruang rapat paripurna lantai ll gedung DPRD Pelalawan, disaksikan oleh Bupati Pelalawan HM Harris.

Pengambilan sumpah jabatan Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan Meilinda Aritonang, SH, MH.

Tiga pimpinan DPRD ini adalah Ketua, Wakil Ketua I, dan Wakil Ketua II dikukuhkan dan diambil sumpah berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Riau. Ketiganya, Ketua DPRD yakni Adi Sukemi sesuai dengan surat rekomendasi dari DPP Partai Golkar yang juga Ketua DPD Partai Golkar Pelalawan.

Selain Adi Sukemi ada juga pimpinan DPRD lainnya yakni Wakil Ketua I Syafrizal, SE berdasarkan surat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Syafrizal merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pelalawan.

Kemudian Wakil Ketua II yaitu Anton Sugianto dengan berdasarkan surat rekomendasi dari DPP Partai Amanat Nasional (PAN). Anton ini sendiri terhitung masih baru dan terpilih sebagai wakil rakyat pada periode kali ini.

"Sumpah dan janji yang saudara ucapakan bukan hanya kepada manusia, tetapi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena Tuhan tahu apa yang ada di dalam diri saudara," kata Wakil Ketua PN Pelalawan, Meilinda Aritonang, SH, MH saat memandu pengucapan sumpah pimpinan dewan.

Setelah resmi mengucapkan sumpah, ketiga pimpinan langsung mengambil kursi di depan untuk memimpin kelanjutan rapat paripurna peresmian pelantikan.

Usai prosesi pengambilan sumpah jabatan pimpinan DPRD Pelalawan, Bupati Harris menyampaikan pesannya agar ke depan DPRD bisa bekerja sama dengan pihak pemerintah daerah dalam membangun daerah demi terwujudnya kesejahteran masyarakat.

Selain itu, Bupati berpesan agar masyarakat dapat memberikan masukan atau kritikan yang membangun. 

"Dengan demikian proses pembangunan di daerah dapat sama-sama diawasi demi masa depan anak cucu kita nantinya," ungkap Bupati Harris.

Paripurna Penetapan 7 Fraksi

Sepekan sebelumnya pasca pengambilan sumpah jabatan, anggota DPRD Kabupaten Pelalawan menggelar rapat paripurna perdana, paripurna yang dilaksanakan pada hari Selasa (17/9/2019) ini dengan agenda menetapkan tujuh fraksi DPRD Pelalawan. Paripurna perdana ini sendiri terlaksana di pimpin oleh Ketua DPRD Sementara Adi Sukemi, ST, MM dan Wakil Ketua sementara Syafrizal, SE.

Adapun tujuh fraksi yang telah ditetapkan pada rapat paripurna perdana kali ini, yakni, Fraksi Golkar diketuai oleh Baharudin, Fraksi PDI Perjuangan diketuai Sozifao Hia, Fraksi Gerindra diketuai Andri Fransiscus, Fraksi PAN oleh Nazzarudin Arnazh, Fraksi Demokrat-PKS diketuai Monang Pasaribu, Fraksi PPP-Hanura diketuai Junaidi Purba dan Fraksi PKB diketuai Rahman Wijayanto.

Dengan telah ditetapkannya pimpinan Fraksi maka Ketua DPRD sementara Adi Sukemi meminta Fraksi menggelar rapat pansus untuk membahas penyusunan tatib, pembentukan pimpinan dan alat kelengkapan dewan.

Alat kelengkapan dewan sangat penting segera dibentuk dan di tetapkan demi kelancaran kinerja anggota dewan, adapun alat kelenhkapan yang harus dibentuk diantaranya komisi, Badan Kehormatan (BK), Badan Legislatif (Banleg), Badan Anggaran (Banggar) serta Badan Musyawarah (Banmus).

Setelah rapat paripurna pengumuman dan penetapan pimipinan fraksi dan anggota fraksi, dilanjutkan dengan rapat paripurna pengumuman nama-nama calon pimpinan DPRD Pelalawan.

Terlihat lampiran Surat Keputusan yang dibacakan Sekretaris DPRD Pelalawan Tengku Ridwan Mustafa, dinyatakan Adi Sukemi sebagai Ketua, Syafrizal, SE wakil ketua 1 dan H. Anton Sugianto, S.Ud wakil ketua 2.

Dengan terbentuknya semua unsur alat kelengkapan DPRD Pelalawan maka selanjutnya Anggota DPRD Pelalawan seyidaknya sudah bisa mulai bekerja setelah mereka nantinya menggelar rapat penyusunan jadwal lewat rapat Bamus yang diikuti oleh anggota Bamus di masing masing komisi. (Parlementaria)


Tags Pelalawan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar