Nasional

Sempat Membantah, Polda Sulsel Akui Anggotanya Kejar Demonstran ke Dalam Masjid

Viral Video Polisi Pakai Sepatu Masuk Masjid Kejar Mahasiswa

RIAUMANDIRI.CO, MAKASSAR – Polda Sulawesi Selatan membenarkan video viral melalui grup-grup WhatsApp terkait sejumlah oknum polisi mengejar mahasiswa hingga ke dalam masjid, terjadi di wilayahnya.

"Awal beredarnya video tersebut, memang mirip kejadian Petamburan Jakarta. Namun setelah dilakukan pengecekan di lapangan, bahwa memang betul masjid itu ada di sebelah kantor DPRD Sulsel," ujar Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani di Makassar, Selasa (24/9/2019) malam.

Sebelumnya, video tiga bagian yang berdurasi 7 detik, 27 detik dan 30 detik itu sempat dibantah oleh Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani.

Dia sempat menyatakan video tersebut adalah video lama dengan kejadian di Petamburan Jakarta.

Namun, setelah malam hari, pihak kepolisian kemudian memberikan penjelasan dan memperbaharui informasi tentang video yang sempat dibantahnya terjadi di samping gedung DPRD Sulsel tersebut.

Baca Sebelumnya: Viral Video Polisi Pakai Sepatu Masuk Masjid Kejar Mahasiswa

Dalam keterangan tertulisnya, Kombes Dicky menjelaskan awal beredarnya video tersebut memang mirip kejadian di Petamburan Jakarta.

Namun, setelah dilakukan pengecekan di lapangan, bahwa memang betul masjid tersebut berada di sebelah kantor DPRD Sulsel.

Sebelumnya diberitakan, aksi kekerasan aparat kepolisian terhadap mahasiswa yang menggelar aksi menolak UU KPK, RKUP dan aturan kontroversial lainnya terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Sejumlah polisi tanpa melepas sepatu memasuki masjid untuk mengejar mahasiswa yang kabur ketika bentrok.

Hal tersebut terekam dalam video amatir yang belakangan viral di media-media sosial.

Pada video yang diunggah akun Instagram @makssar_iinfo, tampak polisi membawa pentungan mengejar mahasiswa serta mahasiswi di dalam masjid.

Aksi kekerasan aparat kepolisian terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (24/9/2019) terhadap mahasiswa yang menggelar aksi menolak UU KPK, RKUHP dan aturan kontroversial lainnya. Aksi kekerasan tersebut juga viral di Instagram.

"Polisi menangkap mahasiswa sampai masuk ke dalam mesjid. Hal ini buntut dari bentrokan mahasiswa dan aparat kepolisian sore tadi. Lokasi : Kota Makassar," tulis @makassar_iinfo.

Kontan video itu menjadi sorotan warganet. Mereka mayoritas mengecam perlakuan polisi yang tak menghormati masjid serta melakukan kekerasan terhadap mahasiswa. Berdasarkan informasi yang terhimpun, peristiwa itu terjadi di masjid dekat gedung DPRD Sulawesi Selatan.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar