Tips & Kesehatan

Ketahui Cara Turunkan Berat Badan Karena Hormon

RIAUMANDIRI.CO - Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan berat badan kian naik meski sudah menjalani berbagai macam program diet, dan salah satunya adalah hormon dalam tubuh anda sendiri.

Kegemukan disebabkan hormon berlebih, kendati sudah diatasi atau diturunkan dari seberapa banyak usaha yang dilakukan untuk mengurangi asupan kalori atau bahkan telah berolahraga cukup keras.

Jika sudah menjalani beberapa program diet namun hasilnya masih tetap gagal, maka bisa jadi itu disebabkan karena masalah hormon. Ada beberapa kiat sederhana yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan yang disebabkan karena hormon.

Minum cukup air

Minum air putih sebenarnya dapat membantu mengatur hormon dalam tubuh yang  dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan tubuh manusia terdiri dari 60% air yang diperlukan untuk mengekstraksi energi dari makanan yang telah dimakan.

Jika Anda tidak minum cukup air, metabolisme tidak akan berfungsi dengan baik. Jangan sampai dehidrasi atau merasa kehausan ya, cukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Cuka sari apel

Ada sebagian orang yang menderita diabetes disebabkan karena kombinasi dari diabetes itu sendiri dan obesitas jadi satu. Ketika seseorang kurus atau kelebihan berat badan, kadar insulinnya bisa menjadi tidak seimbang, menyebabkan sel menjadi mati rasa terhadap hormon.

Kondisi di atas juga merupakan salah satu alasan mengapa seseorang menderita tinggi atau rendahnya kadar gula darah. Pilihan terbaiknya kita bisa menggunakan cuka sari apel untuk membantu memulihkan kadar insuin. Tambahkan dua sendok makan cuka sari apel dalam segelas air hangat dan minumlah sebelum makan makanan tinggi karbohidrat.

Latihan intensitas rendah

Cara lain untuk menurunkan berat badan yang disebabkan oleh hormon adalah dengan melakukan latihan intensitas rendah. Lakukanlah latihan intensitas rendah seperti jogging, jalan cepat, dan sejenisnya guna membantu mengembalikan berat badan yang ideal. Sebaliknya, latihan intensitas tinggi justru hanya akan memperburuk masalah hormon karena stres dan produksi kortisol.

Kacang pistasi

Tubuh kita membutuhkan adiponektin untuk membantu membakar lemak tetapi tidak semua orang memiliki jumlah yang cukup dalam tubuhnya. Makan kacang pistasi ternyata dapat membantu meningkatkan kadar adiponektin, menormalkan kadar gula darah, memperbaiki lingkar pinggang, menurunkan kolesterol LDL, dan juga menyetabilkan kolesterol berlebihan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangat penting dalam melindungi kita dari bakteri, virus, dan infeksi tubuh lainnya, tetapi juga berperan penting dalam membantu menjaga berat badan normal. Ketika kita stres, atau makan makanan yang menyebabkan peradangan, sistem kekebalan tubuh akan menggunakan sebagian besar sumber daya tubuh kita yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah memilih makanan dengan bijak dan menjalani gaya hidup sehat juga.

Tingkatkan kesehatan usus

Usus kita mengandung berbagai jenis bakteri yang membantu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bakteri ini juga dapat membantu mengatur hormon, membuang racun, dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan usus agar tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan probiotik seperti yogurt dan makanan fermentasi lainnya.


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar