Riau

Lantik 11 Kapolres, Kapolda Riau Langsung Instruksikan Atasi Karhutla

Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo melantik 11 Kapolres jajaran Polda, Selasa (24/9/2019)

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo melantik sebelas Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) yang baru. Ia menginstruksikan Kapolres baru untuk langsung bekerja, terutama mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

"Karena anggota Polri, sejatinya adalah pelayan masyarakat, pelayan publik," ujar Kapolda.

Pergeseran posisi dalam setiap organisasi kata Kapolda, merupakan hal penting dan strategis dalam memelihara dinamika dan meningkatkan kualitas kinerja organisasi. Termasuk di institusi Polri. 

Dia pun meminta kepada pejabat yang baru dilantik untuk dapat memberikan dan menjawab tuntutan dan harapan masyarakat. Salah satunya mengatasi masalah karhutla. Dia meminta agar hal tersebut segera ditangani.

Mantan Wakapolda Jawa Timur (Jatim) itu melanjutkan, keberadaan Polri di tengah-tengah masyarakat bertujuan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan. 

"Amanah yang diberikan dan dipercayakan merupakan beban dan tanggungjawab berat untuk melakukan evaluasi kerja yang harus dicapai secara maksimal cepat, tepat sasaran dan akurat," pesan dia seraya mewanti-wanti, agar potensi kesalahan yang bisa menimbulkan kekecewaan masyarakat, diminimalisir.

Proses pelantikan itu digelar di ballroom salah satu hotel di Pekanbaru, Selasa (24/9), adanya pergantian jabatan itu dilakukan sesuai dengan Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor : ST/2317/IX/Kep/2019 tertanggal 2 September 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri. Dalam ST tersebut ada 136 perwira menengah Polri yang menjalani mutasi, termasuk di dalam 11 Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) di Riau.

Adapun jabatan Kasatwil dilantik itu adalah Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira yang sebelumnya menjabat Kapolres Kampar. Andri menggantikan AKBP Restika Pardamean Nainggolan yang selanjutnya diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabag Kerma Roops Polda Riau.

Mengisi posisi yang ditinggalkan AKBP Andri, ditunjuklah AKBP Asep Darmawan yang saat ini bertugas sebagai Kasubdit II Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau. Lalu, AKBP Yusup Rahmanto kini menjabat Wakapolresta Pekanbaru. Untuk jabatan Kapolres Bengkalis yang ditinggalkannya selanjutnya diisi oleh AKBP Sigit Adiwuryanto yang sebelumnya menduduki jabatan Kapolres Rokan Hilir (Rohil).

Berikutnya, Kapolres Rohil dijabat oleh AKBP Muhammad Mustofa, mantan Kapolres Kuantan Singingi (Kuansing). Di Polres Kuansing telah ditunjuk AKBP Henky Poerwanto yang sebelumnya menjabat Koor Spripim Polda Riau.

Tak hanya itu, Kapolres Kepulauan Meranti saat ini dijabat oleh AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat yang sebelumnya menjabat Kasubbagluh HAM Baluhkum Rosunluhkum Divkum Polri. AKBP Taufiq menggantikan AKBP La Ode Proyek yang promosi menduduki jabatan sebagai Wadir Binmas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Sedangkan Kapolres Indragiri Hilir (Inhil) dijabat oleh AKBP Indra Duaman yang sebelumnya menjabat Danyon Pelopor Satbrimob Polda Riau. Ia menggantikan AKBP Christian Rony Putra yang kini menempati jabatan Wadir Resnarkoba Polda Riau.

Kapolres Siak juga diisi pejabat baru, yakni AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya yang sebelumnya menjabat Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Lampung. Sementara AKBP Ahmad David yang sebelumnya bertugas di Siak akan menempati jabatan baru sebagai Wadir Reskrimum Polda Riau.

AKBP Kaswandi Irwan dipromosikan untuk menjabat Wadir Resnarkoba Polda Jambi. Posisinya sebagai Kapolres Pelalawan kini ditempati AKBP Muhammad Hasyim Risahondua yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Rokan Hulu (Rohul). Sementara untuk posisi Kapolres Rohul dijabat oleh AKBP Dasmin Ginting, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Indragiri Hulu (Inhu). Penggantinya, AKBP Efrizal yang sebelumnya menjabat Kasubbid Panimal Bidporpam Polda Riau.**
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar