Riau

Ratusan Titik Panas Masih Terpantau di Riau

Upaya pemadaman Karhutla beberapa waktu lalu di Sungai Guntung Rengat (dok. RMC)

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU – Mesti dua hari ini terakhir sebagian wilayah di Riau diguyur hujan, namun titik panas terpantau masih banyak. Hari ini saja, hotspot terpantau 152 titik.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki mengatakan, untuk hari ini titik panas masih terpantau di 7 wilayah.

"Yakni di Bengkalis 31 titik, Meranti 5 titik, Dumai 26 titik, Pelalawan 5 titik, Rohil 76 titik, Inhil 8 titik dan Siak 1 titik," ujar Marzuki, Rabu (25/9/2019).

Dari jumlah tersebut, 100 titik diantaranya adalah dipastikan kebakaran hutan dan lahan. Hal ini karena 100 titik tersebut memiliki level konfidence diatas 70 persen yang berarti dipastikan itu adalah titik api.

"100 titik api tersebut berada di Bengkalis 25 titik, Dumai 17 titik, Meranti 4 titik, Pelalawan 4 titik, Rohil 47 titik dan Inhil 3 titik," pungkasnya.

Marzuki mengatakan, untuk hari ini jarak pandang di Pekanbaru memang semakin membaik akibat hujan yang mengguyur Pekanbaru.

"Jarak pandang semakin membaik. Pagi ini jarak pandang 1.500 Meter," ujar Marzuki.

Menurutnya, jarak pandang 1.500 Meter ini disebabkan oleh Mist. "Bisa kami jelaskan Mist adalah kabut tetapi lebih tipis karena embun. Jadi basah bukan seperti asap yang kering," jelasnya.

Disampaikan Marzuki, untuk daerah lain jarak pandang juga semakin membaik.

"Yang masih pendek jarak pandangnya adalah Dumai yanni hanya 1.000 Meter dan ini disebabkan oleh asap. Selanjutnya Pelalawan jarak pandangnya 2.000 Meter dan Inhu 3.000 Meter. Namun memang bukan disebabkan asap lagi," pungkasnya.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar