Pendidikan

Gubernur Riau: Sarjana Kita Jangan Kalah Saing dengan Lulusan Kampus Lain

Gubri Syamsuar ketika menyampaikan orasi ilmiah dalam sidang senat terbuka wisuda UIN Suska Riau

RIAUMANDIRI.CI, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar meminta lulusan perguruan tinggi negeri mampu mempersiapkan diri dalam percaturan dunia kerja, terutama dalam menghadapi revolusi industri atau industri 4.0.

Hal ini ia kemukakan ketika menyampaikan orasi ilmiah dalam sidang senat terbuka wisuda UIN Suska Riau, Rabu (25/9/2019) di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa kampus islam itu.

"Perlu diketahui bahwa saat ini revolusi industri telah menjadi bagian dari masyarakat Riau. Untuk itu, generasi muda Riau harus mampu mengikuti arus kemajuan industri baik itu skala nasional bahkan sampai level internasional," ujar dia.

"Kalau kita tidak mampu bersaing, maka kita akan tertinggal oleh zaman. Jika kita ingin maju, ya kita harus mampu bersaing dengan lulusan lainnya," sambung Syamsuar.

Dia mencontohkan, salah satu kemajuan kemajuan industri 4.0 adalah sistem jual beli online. Di mana banyak aplikasi yang menawarkan produk serupa dengan yang dijual di minimarket. Namun yang membedakannya yaitu sistem pembayaran, pengantaran barang, dan perbedaan lainnya.

Gubri juga meminta perguruan tinggi di Riau mempersiapkan lulusan yang siap pakai ketika lulus dari kampus. Selain itu juga harus membekali mahasiswa dengan wawasan kewirausahaan agar bisa menciptakan lapangan kerja. 

"Perguruan tinggi di Riau harus mampu mempersiapkan generasi mudanya yang tangguh dan berdaya saing tinggi. Sehingga ke depannya, lulusan perguruan tinggi Riau menjadi lulusan yang dipakai di manapun berada," sebutnya.

Gubri menekankan, satu hal yang tak kalah penting yaitu para lulusan universitas yang ada di Riau harus menjadi lulusan yang berkarakter dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

"Mengikuti perkembangan zaman itu penting, tapi menjadi manusia yang berkarakter dan beragama jauh lebih baik," kata dia.

Reporter: Rico Mardianto


Tags Syamsuar

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar