Riau

Diguyur Hujan, Kabut Asap Menghilang di Rohil

Bupati Rohil Suyatno ikut memadamkan api di lokasi lahan yang terbakar.

RIAUMANDIRI.CO, ROKAN HILIR - Hujan kembali turun di hampir semua daerah di Kabupaten Rokan Hilir pada Rabu (25/9/2019) sore. 

Hujan yang membasahi tanah Kota Seribu Kubah itu Hujan ada yang intensitas ringan, sedang, bahkan deras. Ini tak luput dari usaha semua pihak dalam mengusahakan hujan buatan untuk wilayah Provinsi Riau maupun doa semua elemen masyarakat baik melalui salat istighosa yang dijabah oleh yang Maha Kuasa. 

Upaya Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir bersama Polres Rohil maupun Kodim 0321 selain melakukan pemantauan langsung di lapangan juga telah melakukan imbauan disertai pembuatan posko kesehatan. Juga melakukan doa bersama semua elemen masyarakat maupun agama, pemberian masker gratis, bahkan Bupati Rohil Suyatno telah membatalkan beberapa agenda penting di luar daerah agar bisa konsentrasi dengan bencana yang melanda. 

Seperti diketahui beberapa hari terakhir Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menginstruksikan jajarannya bekerja sama dengan pihak Polres Rohil dan Kodim 0321 agar melakukan pemantauan serta pemadaman titik api di masing-masing wilayah. 

Bupati Suyatno terus melakukan pemantauan melalui para camat serta kepala desa agar terus berkoordinasi memerangi kabut asap yang melanda. 

Bupati Rohil Didampingi oleh Kabag Humas dan Protokol Hermanto S.sos serta Kasubag Humas Hasnul Yamin menyampaikan bahwa memang titik api yang ada di daerah Rohil tidak separah daerah lain namun titik api yang kecil juga menjadi penyumbang bagi asap kiriman yang telah ada. 

Maka imbauan serta larangan tetap diberlakukan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan untuk membuka perkebunan maupun pertanian. 

Suyatno dan Wabup Jamiludin secara bergantian turun langsung ke lapangan lokasi Karlahut agar bisa memberikan dukungan moril bagi petugas di lapangan serta agar lebih paham dengan kondisi yang terjadi sebenarnya. 

Suyatno menambahkan bahwa Hasil pantauan via WA grup dipimpinan Pemda Rohil menginformasikan masing-masing kecamatan telah melaporkan bahwa hujan dengan berbagai intensitas telah turun.

"Mudahan ini akan memberikan udara segar bagi kita masyarakat Rohil, dan menyerukan para camat jika ada hujan di wilayahnya dapat melaporkan beserta video atau foto karena akan dilaporkan ke Satgas Udara Karhutla Provinsi Riau dari dilakukannya TMC penyemaian garam oleh mereka," kata Suyatno, Rabu (25/9/2019).


Reporter: Jhoni Saputra


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar