Tips & Kesehatan

Studi Menyebutkan Kelamaan Bokek Bisa Percepat Penuaan Dini

RIAUMANDIRI.CO - Sudah masuk akhir bulan, siapa yang belum juga gajian dan dompet masing kering kerontang? Percaya atau tidak, dompet kosong tak berduit seringkali membuat aktivitas terbatas, dan menyita pikiran.

Tapi tahu nggak sih, membiarkan dompet kering terus menerus tidak baik untuk kesehatan lho! 

Dalam penelitian terbaru yang terbit di European Journal of Agingm, orang dewasa yang selama 4 tahun lamanya mengalami kesulitan ekonomi, bisa memicu penuaan dini dibanding mereka yang tidak mengalami kesulitan ekonomi.

Mengutip laman Medical New Today, Jumat (27/9/2019) penuaan dini adalah proses terjadinya berubahan fisik yang cepat, membuat seseorang terlihat lebih tua dibanding perawakan orang seumurannya. Orang dengan penuaan dini biasanya memiliki tingkat koginitif yang buruk dan inflamasi lebih tinggi dalam darah mereka.

Subyek penelitian ini memfokuskan kepada mereka yang mengalami kesulitan ekonomi, termasuk mereka dengan pendapatan rendah. Mereka yang diteliti memiliki gaji yang lebih rendah 60 persen dari gaji rata-rata nasional selama 22 tahun lamanya.

Ditemukan dari 5.575 orang dewasa paruh baya, 18 persen di antaranya mengalami kemiskinan pada periode 1987 hingga 2008. Lalu tim peneliti yang diketuai Rikke Lund dari Departemen Kesehatan Masyarakat Universitas Kopenhagen Denmark meneliti proses penuaan dengan menganalisis fisik, pikiran,kekuatan gengaman, lompatan dan keseimbangan.

Hasilnya, peneliti mendapati orang yang telah hidup miskin selama 4 tahun tidak memiliki respon yang lebih baik dari mereka yang tidak sulit dalam keuangan. Ditemukan juga mereka yang hidup dengan masalah keuangan meningkatkan inflamasi dalam darah mereka.

Menurut peneliti, saat seseorang berhasil keluar dari jeratan kesulitan ekonomi ia bisa terhindar dari penuaan dini. Sebaliknya, saat orang tersebut masih berkubang dalam kemiskinan ia akan meningkatkan kadar CRP dalam darah. CRP adalah protein C-reaktif yang bisa memicu infeksi dan kanker.

Uniknya lagi, penelitian ini juga menunjukkan orang yang mengalami kemiskinan di usia muda dan menyelesaikannya dalam waktu singkat tidak akan mengalami penuaan dini.


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar