Riau

Sosialisasi Sekolah Ramah Anak, Sekda Kuansing: Ciptakan Sekolah yang Ramah dan Aman

Sekda Kuansing, Dianto Mampanini (tengah) saat menghadiri Sosialisasi Sekolah Ramah Anak.

RIAUMANDIRI.CO, TELUK KUANTAN - Dalam memenuhi kebutuhan hak anak dan perlindungan terhadap anak, khususnya di bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melakukan Sosialiasasi Sekolah Ramah Anak terhadap sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.

Dengan adanya sosialisasi ini sekolah dapat memperoleh pemahaman bagaimana cara menciptakan sekolah yang betul-betul layak dan ramah bagi anak didik.

"Karenanya saya minta setiap sekolah yang mengikuti sosialisasi ini dapat mengikuti kegiatan ini sebaik mungkin. Sehingga nantinya bisa menjadi sekolah-sekolah yang ramah anak dan unggulan di Kabupaten Kuantan Singingi dan bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya di daerah kita," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Dianto Mampanini ketika membuka sosialisasi tersebut di Balai Diklat Teluk Kuantan, Kamis (26/9/2019).

Dikatakan Sekda, guna menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan layak bagi anak, di sekolah harus bisa tercipta situasi dan kondisi yang aman bagi anak didik. Selanjutnya, di sekolah anak-anak harus mendapatkan kasih sayang yang wajar dari orang dewasa yang berada di sekolah.

Kemudian, di sekolah juga harus tercipta nilai-nilai persaudaraan antar peserta didik sehingga saling menghargai dan menghormati. Di sekolah, lanjut Sekda, juga harus bebas dari bullying psikologis dan perpeloncoan orang dewasa ataupun peserta didik lainnya. 

"Begitu juga di sekolah harus bebas dari hinaan, penganiayaan dan ejekan dari sesama peserta didik lainnya. Karenanya sekali lagi ikutilah sosialisasi ini dengan baik sehingga nantinya setiap sekolah yang mengikuti sosialiasi ini akan menjadi contoh bagi sekolah yang lainnya," tutup Sekda Dianto.


Reporter: Suandri


Tags Kuansing

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar