Tips & Kesehatan

Begini 10 Cara Alami Mengatasi Perut Buncit, Perhatikan yang Nomor 3

(ilustrasi)

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Memiliki tubuh ideal adalah impian semua orang. Tapi tidak bisa dipungkiri, gaya hidup yang tidak sehat kerap membuat seseorang memiliki bentuk perut yang buncit dan mengembang seperti balon. Tentunya, banyak yang berpikir bagaimana cara mengatasi perut buncit.

Sebenarnya, perut buncit ini bisa ditangani dengan pola hidup yang sehat. Caranya adalah memilah dengan baik makanan yang hendak dikonsumsi. Merangkum dari Web MD, Jumat (27/9/2019), berikut 10 cara alami mengatasi perut buncit.

1. Mengonsumsi banyak serat

Terlalu sedikit serat, cairan, dan aktivitas fisik dapat menyebabkan sembelit, yang dapat menyebabkan buncit. Untuk menghindarinya, konsumsilah makanan tinggi serat dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan minum banyak cairan. Selain itu lakukanlah aktivitas fisik selama setidaknya 30 menit, lima kali seminggu.

Selain itu lakukanlah aktivitas fisik selama setidaknya 30 menit, lima kali seminggu.


2. Menghindari alergi makanan

Alergi makanan dan intoleransi dapat menyebabkan banyak gas dan buncit. Banyak orang mendiagnosis sendiri kondisi ini dan menghilangkan susu sehat dan biji-bijian dari makanan mereka. Menemui dokter untuk diperiksa adalah hal yang paling baik.


3. Jangan makan terlalu cepat

Makan dengan cepat dan tidak mengunyah makanan dengan baik dapat menyebabkan udara tertelan yang menyebabkan buncit. Pencernaan dimulai di mulut dan Anda dapat mengatasi perut buncit hanya dengan mengunyah makanan lebih banyak. Penelitian menunjukkan bahwa jika makan lebih lambat, dapat mengatasi perut buncit.


4. Jangan terlalu banyak minum bersoda

Soda dalam minuman berkarbonasi dapat menyebabkan gas terperangkap di perut. Sebaliknya, minumlah air yang ditambahi dengan lemon, jeruk nipis, atau mentimun. Cobalah teh peppermint untuk minuman yang menenangkan yang dapat membantu mengurangi buncit.


5. Jangan banyak mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat menyebabkan tertelannya udara yang berakibat buncit. Jika Anda memiliki kebiasaan memakan permen karet gantilah dengan mengisap permen keras.


6. Hati-hati dengan makanan bebas gula

Banyak pasien mengalami buncit karena mereka mengonsumsi terlalu banyak gula alkohol dalam makanan dan minuman yang dimaniskan secara artifisial.

Ini merupakan salah satu penyebab buncit. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2 atau 3 porsi makanan dan minuman yang dimaniskan secara artifisial per hari.


7. Batasi konsumsi sodium

Makanan yang diproses sangat cenderung mengandung banyak natrium dan rendah serat, yang keduanya dapat berkontribusi pada perut buncit. Biasakan membaca label makanan saat membeli makanan olahan, kalengan, atau beku.


8. Kurangi konsumsi kacang dan sayuran mengandung gas

Mengonsumsi kacang dapat menyebabkan gas. Begitu juga keluarga sayuran, seperti brokoli, kubis Brussel, dan kembang kol. Anda masih bisa memakannya dengan aman secara perlahan sampai tubuh menyesuaikan dengan senyawa yang awalnya dapat menyebabkan gas.


9. Konsumsi porsi makanan kecil lebih sering

Alih-alih tiga kali makan besar per hari, cobalah konsumsi makanan kecil lebih sering. Ini bisa membuat Anda bebas dari perasaan buncit yang sering terjadi setelah makan besar.

Makan lebih sering juga dapat membantu mengontrol gula darah dan mengatur rasa lapar. Jadi, makanlah dalam porsi kecil hingga lima atau enam kali setiap hari. Namun pastikan jumlah makanan dan kalori sesuai dengan kebutuhan Anda.


10. Mengonsumsi makanan dan minuman anti-kembung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh peppermint, jahe, nanas, peterseli, dan yogurt yang mengandung probiotik dapat membantu mengurangi buncit.**
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar