Riau

Kerajaan Gunung Sahilan Nobatkan Gelar Datuk Besar Khalifa

Raja Yang Dipertuan Agung H T M Nizar menobatkan gelar Datuk Besar Khalifa Kenegerian Gunung Sahilan.

RIAUMANDIRI.CO, GUNUNG SAHILAN - Kerajaan Gunung Sahilan kembali menobatkan gelar Datuk Besar Khalifa Kenegerian Gunung Sahilan pada H Raylus Bin H Nurdin pada Sabtu (28/9/2019) di kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Riau. 

Penobatan ini langsung dipimpin oleh Raja Yang Dipertuan Agung H T M Nizar yakni Raja XII. Ia mengatakan tugas Datuk Besar adalah membantu Raja. Ia mengharapkan kepada Datuk Besar melaksanakan tugas sebagaimana diadatkan untuk membangkitkan kembali apa yang selama ini tertinggal.

"Sejak tahun 1945 kerajaan sudah tidak ada lagi. Karena sudah menyerahkan semuanya kepada negara," katanya. 

Ia mengatakan seluruh aspek untuk bersama membangkitkan adat dan melestarikan adat. Menurutnya ini tidak mudah. Masih banyak anak muda dan masyarakat sekarang yang belum tahu adat istiadat.

"Negara ini sendiri sudah membentuk lembaga adat, seperti lembaga adat Republik Indonesia, Dewan Adat Nasional, lalu ada Lembaga Adat Melayu. Kerajaan Gunung Sahilan ini ada tercatat di nasional. Ini yang harus kita besarkan lagi," tuturnya.

Ia menuturkan saat ini di Riau terdapat lima Kerajaan diantaranya Siak Sri Indrapura, Rokan Hulu, Pulau Rawan, Indragiri dan Gunung Sahilan. 

"Kami mengharapkan bantuan dan dukungan dari stakeholder. Baik fisik dan moral," tuturnya.

Datuk Besar Khalifa Kenegerian Gunung Sahilan pada H Raylus Bin H Nurdin mengaku ia berkomitmen untuk menjalankan tugas sebagai Datuk Besar. Ia pun siap untuk mengamalkan adat istiadat yang ada di Gunung Sahilan.

Pada acara ini turut hadir perwakilan manajemen PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), WWF dan masyarakat di sekitar Gunung Sahilan.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar