Nasional

Pulangkan Perantau Minang, Panglima TNI Kirimkan Dua Hercules 

Warga memadati Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua, Jumat (27/9/2019). Foto: ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

RIAUMANDIRI.CO, PADANG - Bendahara Umum Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Yendra Fahmi mengatakan, ia bersama Ketua Umum Gebu Minang Oesman Sapta Odang sudah menemui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk membahas kondisi masyarakat perantau asal Minangkabau di Wamena, Papua.

Usai pertemuan tersebut kata Yendra, Panglima TNI mengirimkan dua pesawat Hercules ke Wamena untuk membawa pulang warga Minang kembali ke Sumbar.

"Alhamdulillah, untuk memulangkan perantau dari Wamena ke Sumatra Barat, Pak Panglima bersedia mengirim dua Hercules TNI yang bisa membawa 1.000 orang. Sekalian juga bisa membawa warga Papua asal Sulawesi," kata Yendra.

Menurut Yendra,  Gebu Minang ingin peristiwa di Wamena ini mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat. Termasuk penanganan pengungsi yang masih bertahan di kantor Polres dan Kodim Kabupaten Jayawijaya.

Panglima TNI, kata Yendra, mengirimkan Hercules karena memahami kondisi perantau di Wamena sudah tidak punya apa-apa lagi. Karena harta benda mereka sudah habis dibakar dan dijarah para perusuh.

Gebu Minang kata Yendra juga akan berkoordinasi dengan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang sedang berada di Papua menangani persoalan perantau Minang ini.**


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar