Tips & Kesehatan

Kenali Sakit Perut Anda, Ada yang Berhubungan dengan Risiko Jantung

(ilustrasi)

RIAUMANDIRI.CO - Sakit perut merupakan salah satu masalah kesehatan yang biasa kita alami sehari-hari. Terdapat berbagai bentuk sakit perut berbeda yang bisa kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa hal bisa memicu munculnya sakit perut pada diri seseorang ini. Masalah pencernaan atau adanya gas secara berlebihan dalam perut bisa menyebabkan terjadinya sakit perut.

Sakit perut yang kamu alami ini bisa berupa nyeri pada beberapa bagian. Beberapa hal seperti kembung juga bisa tergolong pada sakit perut yang kamu alami.

Walau terdapat banyak jenis sakit perut, namun terdapat beberapa kondisi yang bisa dikatakan tidak normal. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah kondisi sakit perut yang bisa kamu alami.


Sakit Perut Setelah Makan Besar
Munculnya rasa sakit di perut setelah makan dalam jumlah besar bisa jadi pertanda masalah empedu. Hal ini merupakan ketidakmampuan tubuh mencerna makanan tertentu.

Tugas utama kantong empedu adalah menyimpan empedu dan membaginya pada usus kecul untuk membantu mencerna lemak. Ketika organ ini tersumbat dan mengalami peradangan, maka mungkin kamu tengah mengalami masalah batu empedu.


Nyeri Secara Samar pada Perut Bagian Atas
Robert Glatter, MD, dari American College of Emergency Physicians (ACEP) mengungkap bahwa rasa sakit tak jelas pada perut bagian atas atau tengah bisa jadi tanda masalah kesehatan serius. Ketika masalah ini disertai mual dan sendawa, maka kamu miliki risiko penyakit jantung.

Muntah berhubungan dengan rasa sakit di punggung dan wahang serta napas pendek bisa membahayakan nyawa. Oleh karena itu dibutuhkan penanangan secepatnya.


Kram Perut Karena Diare
Diare atau konstipasi dengan kram perut atau rasa kembung bisa menjadi tanda sindrom iritasi usus besar. Disarankan untuk segera mengonsumsi obat ketika kamu mengalami masalah ini. Untuk emnghilangkan masalah ini dalam jangka panjang, mengatur pola makan dan stres juga penting untuk dilakukan.


Nyeri Perut Tiba-Tiba
Rasa sakit di perut yang muncul secara tiba-tiba bisa terjadi ketika kamu memiliki riwayat tukak lambung. Ketika kamu mengalami hal ini segera temui dokter untuk ditangani secara cepat karena bisa berbahaya jika dibiarkan dalam jangka panjang.


Nyeri di Perut Sebelah Kiri Bawah
Nyeri perut di bagian ini yang bisa menjadi semakin parah merupakan tanda adanya diverkulitis. Bagian ini merupakan kantung kecil di usus yang bisa mengalami masalah. Disarankan untuk mengonsumsi antibiotik dan pelunak tinja ketika mengalami masalah ini. Walau begitu, disarankan untuk menemui dokter terlebih dahulu ketika mengalami masalah ini.**


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar