Hukrim

Bakar Lahan untuk Buka Kebun, Warga Rohil Diringkus Aparat

Tersangka dan lahan yang terbakar

RIAUMANDIRI.CO, ROHIL - Safrudin warga Perumahan Plasma PT Jatim Jaya Perkasa, Kepenghuluan Sei Majo, Rokan Hilir (Rohil), diamankan tim Satgas Karlahut Koramil 05/RM yang dipimpin Serda Legianto beserta Koptu Devri dan anggota SRL.

Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi saat dikonfirmasi melalui Pasi Intel Lettu Efri Nasution membenarkan penangkapa tersebut. Pria 56 tahun itu dibekuk di KM 32 Jalan Lintas Kubu, Kepenghuluan Rantau Panjang Kiri, Kecamatan Kubu Babusalam, Senin 30 September 2019 sekitar pukul 16.00 WIB.

Penangkapan bermula ketika pukul 10.00 WIB Anggota PT SRL sebanyak 7 orang yang dipimpin Perdamenta Sembiring melakukan pendinginan di KM 34 jalan Lintas Kubu, kepenghuluan Rantau Panjang Kiri, kecamatan Kubu Babusalam.

Pada pukul 15.30 WIB tim melihat ada asap yang muncul di daerah KM 32 jalan Lintas Kubu. Kemudian Pardamenta Sembiring melihat ke lokasi KM 32 yang ada asap tersebut dan ternyata ada orang yang sedang membakar lahan dengan menggunakan pematik api.

Pardamenta Sembiring kemudian melaporkan kejadian itu ke posko PT SRL /tim Satgas Karhuta yang berada di Simpang Travo.

Mendapat laporan itu, anggota PT SRL dan anggota Tim Satgas Karhut Koramil 05/RM yang dipimpin Serda Legianto langsung meluncur ke lokasi yang dibakar.

"Tepat pukul 16.30 WIB anggota Satgas Karhutla langsung menangkap pelaku pembakaran tersebut," kata Pasi Intel, Selasa (1/10/2019).

Setelah diinterogasi Tim Satgas Karlahut, pelaku mengakui membakar lahan tersebut. Pada saat ditangkap juga diamankan barang bukti berupa satu parang babat, satu parang rising, pemati api, handphone serta satu unit sepeda motor.

"Pelaku dibawa langsung ke kantor Polsek Kubu untuk diproses oleh Gakkum Karhutla maupun pihak kepolisian," cakapnya.

Dari Keterangan pelaku, tambah Pasi Intel, pada pukul 08.00 WIB pelaku pergi ke kebunnya seluas 4 hektar. Pelaku melakukan pekerjaan menebas lahan tersebut dan sekalian melakukan pembakaran setelah lahan kering dan siap dibakar.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar