Nasional

Polisi Sebut Ada 2 Siswa SD Bayaran Ikut Demo ke DPR

Seorang pelajar memberikan setangkai bunga untuk aparat kepolisian di seberang Gedung DPR RI

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA – Polisi sempat meringkus sebanyak 173 orang terkait demo mahasiswa dan pelajar di DPR RI pada Senin (30/9/2019) yang berujung rusuh. Dari jumlah tersebut, polisi juga sempat menangkap dua pelajar sekolah dasar.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, dua pelajar SD itu terpancing adanya gerakan protes dari kalangan pelajar di beberapa daerah.

"Kami amankan ada dua anak SD umur 11-12 tahun. Kalau yang tadi pagi mereka kan sudah aksi demo di sana, mereka sudah demo Cikampek-Sumedang dan lain-lain," kata Budhi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (1/10/2019).

Dari pemeriksaan sementara, anak di bawah umur itu juga ikut aksi karena diimingi-imingi uang. Namun, Budhi tak merinci siapa pihak yang menjanjikan kedua pelajar SD itu uang agar bisa ikut turun ke jalan.

"Dari keterangan mereka (pelajar SD) juga sama. Informasinya mereka akan dibayar di sana setelah di sana nyari orang yang mau bayar enggak ketemu. Akhirnya mereka balik," kata dia.

Sebelumnya, Budi mengaku polisi telah memulangkan sebagian dari jumlah ratusan orang yang ditangkap saat terjadi kerusuhan di Jakarta.

Menurutnya, mereka dipulangkan setelah ada perwakilan keluarga yang menjemputnya ke Polres Metro Jakarta Pusat.




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar