Riau

Resmi Jadi Anggota DPR RI, Andi Rachman Komitmen Tingkatkan Dana APBN Untuk Riau

Arsyadjuliandi Rachman

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Sebanyak 13 anggota DPR RI asal Riau resmi dilantik bersama 562 anggota DPR RI hasil Pemilu 2019 periode 2019-2024 di Gedung MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Jaksa Agung, Hatta Ali.

Salah seorang anggota DPR RI asal Riau, yang juga mantan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, usai dilantik mengatakan, ia akan tetap berbakti bagi Provinsi Riau untuk memajukan pembangunan di Riau, bersama Pemerintah Provinsi Riau. Di mana sejauh ini ia telah banyak melakukan pembangunan di seluruh kabupaten/kota, selama menjabat sebagai Gubernur Riau.

Kini Arsyadjuliandi Rachman akan berjuang di pemerintah pusat untuk mendapatkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk lima tahun ke depan dan melanjutkan pembangunan yang telah ia jalankan selama lebih kurang 4 tahun lalu. 

“Pertama tentunya saya bersyukur Alhamdulillah, telah dilantik sebagai anggota DPR RI. Sebagai anggota DPR RI yang dipilih oleh masyarakat Riau, khususnya Dapil Riau 1 saya berkomitmen untuk meningkatkan APBN bisa masuk ke Provinsi Riau,” ujar Andi Rachman, biasa ia disapa selama ini.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, selama menjabat sebagai Gubernur Riau, banyak aspirasi masyarakat yang telah terpenuhi. Terutama dalam pembangunan infrastruktur, di seluruh kabupaten/kota. Dan sebagai anggota DPR RI lima tahun ke depan, ia kembali akan menampung aspirasi dari masyarakat Riau, sesuai dengan komisi yang akan ditempatinya. 

“Tentu nanti akan disesuaikan dengan komisi yang ditugaskan. Kemudian juga menyerap aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan dan dikawal. Baik itu dalam menyampaikan aspirasi, dan juga sekaligus memperjuangan anggaran Provinsi di seluruh dapil di Riau,” ungkap Andi.

Ketua DPD I Golkar Riau ini juga, akan berjuang bersama rekan-rekan seperjuangannya di DPR RI. Sebagai perpanjangan tangan di pusat, tentu akan banyak anggaran yang akan diperjuangkan, agar Riau lebih banyak lagi mendapatkan dana bagi hasil. Riau menjadi salah satu Provinsi penyumbang terbesar bagi devisa negara.

“Sebagai perpanjangan tangan masyarakat, baik itu dalam menyampaikan aspirasi dan juga sekaligus memperjuangan anggaran Provinsi. Dan yang paling utama, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Riau, khususnya Riau 1 yang telah memberi kesempatan dan dukungan saat pileg lalu,” kata Andi.

Berikut 13 anggota DPR RI dari Dapil Riau 1 dan Riau 2 yang telah dilantik. Untuk dapil Riau 1, ada 7 wakil yang berhasil duduk. Yakni, Jon Erizal, ia merupakan anggota DPR RI petahana periode 2014-2019 dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang berhasil duduk kembali di periode 2019-2024 ini.

Selanjutnya, Achmad, kader Partai Demokrat. Achmad merupakan mantan bupati Rokan Hulu dua periode yang berhasil membangun ikon Islamic Centre Pasir Pengaraian saat masa kepemimpinannya.

Kemudian kader PDIP, Effendi Sianipar yang kembali melenggang ke Senayan. Ia merupakan petahana di periode sebelumnya. Anggota petahana lainnya yang kembali terpilih adalah Chairul Anwar dari PKS. Kelima M Rahul dari Partai Gerindra. Keenam mantan Gbernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Dan ke 7 politisi PPP Syamsurizal, Syamsurizal merupakan mantan bupati Bengkalis dua periode yang sebelumnya berseragam PAN.

Sementara, untuk Dapil Riau 2, ada 6 anggota DPR RI, Eddy Tanjung yang merupakan ketua DPD Gerindra Riau. Idris Laena dari Golkar. Kemudian M Nasir dari Demokrat yang merupakan anggota dewan petahana, Marsiaman Saragih dari PDIP yang juga petahana.

Sementara dua wajah baru lainnya adalah politisi PKS dari Kampar, Sahrul Aidi serta Abdul Wahid dari PKB. Abdul Wahid sendiri sebelumnya merupakan anggota DPRD Riau. Sementara Sahrul Aidi anggota DPRD Kampar.


Reporter: Nurmadi




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar