Politik

Terpilih Secara Musyawarah, Bambang Soesatyo Ketua MPR Periode 2019-2024

Bambang Soesatyo

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Politisi Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet), terpilih secara aklamasi menjadi Ketua MPR periode 2019-2019. Ia didukung secara bulat oleh sembilan fraksi di MPR dan kelompok DPD RI di MPR.

Bamsoet dipastikan terpilih setelah penetapan dirinya disepakati oleh forum rapat paripurna pemilihan ketua MPR yang dipimpin oleh anggota MPR tertua, Abdul Wahab Dalimunte, dan anggota termuda Hillary Brigitta Lasut, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019) malam.

Fraksi Partai Gerindra sendiri yang sebelumnya mengusung kadernya Ahmad Muzani, akhirnya menyatakan sepakat mendukung Bamsoet sebagai Ketua MPR. Dengan begitu, Bamsoet secara musyawarah mufakat terpilih menjadi Ketua MPR.

"Kami, Fraksi Partai Gerindra, sudah sepakat dan setuju mengusung Pak Bambang Soesatyo Ketua MPR RI periode 2019-2024," kata Ketua Fraksi Gerindra di MPR, Ahmad Riza Patria seperti dilansir Haluan.co.

Pernyataan itu disampaikan Riza setelah Rapat Paripurna ditunda sekitar satu jam untuk memberikan kesempatan dalam melakukan lobi antar-fraksi dan kelompok DPD RI di MPR.

Riza mengungkapkan, berdasarkan hasil konsultasi Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, pihaknya kemudian sepakat untuk kepentingan yang lebih besar.

Hal itu menurut dia untuk menjaga MPR dalam forum musyawarah dan putuskan kebijakan penting membangun bangsa dan negara.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar