Dunia

Afsel Sita 342 Kilogram Tulang Singa yang akan Diselundupan ke Malaysia

Ilustrasi. (AFP Photo/Stephane De Sakutin)

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Pihak berwenang Afrika Selatan menyita 342 kilogram tulang singa di bandara Johannesburg yang diduga bakal diselundupkan ke Malaysia.

AFP melaporkan bahwa belasan peti kayu berisi tulang tersebut awalnya disebut hanya membawa obat dan bahan pembuat perhiasan. Namun, pemeriksaan pihak bandara menunjukkan hasil yang berbeda.

"Ketika barang yang akan dikirim diperiksa, ditemukan 12 kotak berisi tulang-tulang singa yang dibungkus kertas aluminium dan memiliki berat 324 kilogram," demikian pernyataan Kementerian Lingkungan Afsel pada Kamis (3/10).

Selain menyita barang selundupan, otoritas juga menangkap tiga orang pelaku, termasuk dua warga Zimbabwe.

Jubir Kementerian Lingkungan Afsel, Albi Modise, mengatakan bahwa pemerintah memperbolehkan ekspor tulang singa yang dibesarkan di penangkaran. Namun, izin khusus diperlukan ketika melakukan pengiriman.

Afrika Selatan merupakan rumah bagi lebih dari 11 ribu singa, di mana 3.000 di antaranya tinggal di dalam taman nasional yang tidak mengizinkan perburuan singa.

Dikutip The Conversation, tulang singa banyak dijual di berbagai pasar di benua Asia sebagai bahan baku obat-obatan tradisional dalam bentuk minuman. Minuman yang bernama arak tulang macan itu dipercaya dapat mengobati rematik dan impotensi.

Namun, penjualan tulang singa terhambat karena maskapai Singapore Airlines dari Afrika Selatan ke Asia menghentikan ekspor tersebut pada September tahun lalu.**
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar