Nasional

Ini Pendapat Azyumardi Azra Soal Perppu KPK

Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra.

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra, menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus segera menerbitkan Perppu KPK. Ia merujuk kepada hasil survei LSI yang menyatakan mayoritas publik menginginkan Jokowi mengeluarkan perppu.

"Menurut saya harus menerbitkan itu (Perppu KPK). Apalagi ada rilis dari LSI siang ini yang mengatakan 73 (76,3) persen publik Indonesia itu mengharapkan Presiden Jokowi segera mengeluarkan Perppu KPK itu," kata Azyumardi di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Ahad (6/10/2019).

Azyumardi mengatakan saat ini keadaan sudah sampai tahap genting. Ia menyinggung soal aksi demonstrasi mahasiswa yang digelar selama beberapa hari di depan gedung DPR.

"Kegentingan yang memaksa itu saya kira kemarin demo-demo sudah besar ya kan. Bahkan mahasiswa juga masih menggertak atau mengancam mau demo lagi kalau misal Presiden Jokowi nggak mengeluarkan perppu itu menjelang tanggal 14 (Oktober)," tuturnya.

Baca jugaMayoritas Publik Setuju Jokowi Terbitkan Perppu Batalkan UU KPK

"Demo-demo itu saya kira ini memang agak, agak lain yang perlu diperhatikan secara cermat oleh Presiden Jokowi. Karena kalau kita lihat demo yang kemarin itu demo yang terbesar selama pemerintahan Jokowi kan. Tidak hanya di Jakarta, hampir diseluruh kota di Indonesia," imbuh Azyumardi.

Ia pun menyebut terlau jauh jika penerbitan Perppu KPK itu bisa berbuntut pemakzulan (impeachment) terhadap Jokowi. Menurut Azyumardi, penilaian itu tidak relevan.

"Jangan terlalu jauh. Soalnya kalau cuma mengeluarkan perppu saya kira tidak akan sampai sejauh itu. Ini terlalu jauh ditarik gitu. Terlalu jauh ya. Jadi kan kalau misalnya perppu itu dikeluarkan oleh Presiden Jokowi, DPR kan bisa menolak. Ya kan? Nanti DPR yang akan datang bisa menyidangkan. Bisa menolak, bisa menerima. Jadi saya kira tidak relevan bicara mengenai pemakzulan di situ," kata dia.


Tags KPK

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar