Riau

Djonieri: Gubernur Riau Perlu Sosok Sekda yang Punya Karir Birokrasi Hebat

Djonieri, Ketua IKA Unri Jabodetabek

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA – Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Riau (Unri) Jabodetabek, Djonieri ikut angkat bicara terkait pemilihan calon Sekretaris Daerah Provinsi Riau yang sedang berlangsung. Pihaknya berharap, Gubernur Riau dapat memilih sosok yang terbaik dari tiga calon Sekda yang ada saat ini yakni Yan Prana Jaya Indra Rasyid, Asrizal, dan Said Syarifudin. 

Menurut Djonieri, Gubernur Riau memerlukan seorang Sekda yang yang menonjol dan punya karir yang hebat selama menjadi birokrat. 

Hal tersebut, katanya, dapat dibuktikan dengan tour of duty yang dimiliki oleh masing-masing kandidat.

"Seorang Sekda merupakan tangan kanan bagi Gubernur dalam mengeksekusi visi dan misi yang disampaikan pada saat kampanye lalu," ujar Djonieri kepada Riaumandiri.co, Selasa (8/10/2019).

Salah satu misi dari Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar dan Edy Natar Nasution, pada saat kontestasi pemilihan Gubernur adalah mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif, mandiri, dan berdaya saing.

"Misi ini sangat bagus dan bila dapat diwujudkan akan lebih bagus lagi," kata Djonieri. 

"Untuk mewujudkan misi tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur harus memilih Sekda yang punya track record dan kinerja yang bagus, baik dari sisi leadership maupun sisi hard skill," kata Djonieri lagi.

Berangkat dari track record tadi, Riaumandiri.co mencoba mencari informasi tentang pengalaman masing-masing kandidat selama menjadi birokrat. Pertama, Yan Prana Jaya Indra Rasyid. Yan Prana pernah bertugas di Kabupaten Bengkalis dan Siak. Saat ini Yan menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Siak. Dan sebelumnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Siak.

Kandidat kedua, Asrizal. Asrizal pernah menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau dan sekarang menjadi Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau. Dari track record tersebut, Asrizal menduduki jabatan di tingkat provinsi. 

Kandidat ketiga, Said Syarifuddin. Saat ini Said menjabat sebagai Sekda Inhil. Di Inhil, Said pernah menjabat Kepala Bagian Ekonomi, Kadispenda, Kepala Bappeda. Sedangkan untuk level provinsi, Said pernah menjabat sebagai Kepala Biro Ekbang, Wakadis Perrindag, Wakadishub, dan Kepala Dinas Pariwisata. Said pernah menjadi pejabat, baik di provinsi maupun di kabupaten.

Dari gambaran track record tersebut, menurut Djonieri, Gubernur dapat memilih Sekda yang akan dapat membantu beliau dalam mewujudkan Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat, dan unggul di Indonesia, sebagaimana yang dicanangkan dalam visi beliau saat pemilihan Gubernur.

"Gubernur Riau sudah harus membudayakan pentingnya kualitas dalam memilih pejabat. Pengangkatan pejabat daerah haruslah yang mempunyai track record kinerja yang bagus. Sehingga visi dan misi yang disampaikan oleh Gubernur pada saat kampanye dapat diwujudkan oleh para pembantunya di lapangan, terutama tangan kanan Gubernur, yaitu Sekda Provinsi. Dengan adanya budaya memilih berdasarkan track record kinerja tersebut, akan menjadi barometer dalam pemilihan pejabat-pejabat Riau yang lain," jelas Djonieri.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar