Riau

Ini Sejumlah Kegiatan Sambut HUT Kabupaten Siak ke-20

Kestri Arianti

RIAUMANDIRI.CO, SIAK - Kestri Arianti, dari Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) yang ditunjuk oleh forum sebagai sekretariat guna menjadi penghubung seluruh Kabupaten yang menjadi anggota dari berbagai mitra di daerah maupun nasional mengatakan, banyak festival di acara HUT Kabupaten Siak ke-20 yang mengangkat tema tema "Besamo Membelo Siak Menuju Indonesia Hijau" pada 10-13 Oktober mendatang.

"Ini festivalnya banyak, ada festival pawai budaya, Kabupaten lingkar lestari dan ada talk show di gedung daerah," kata Kestri, Selasa (8/10/2019).

Talk show itu mengajak anak muda dan seluruh masyarakat dari desa kecamatan maupun sekolah yang tertarik di wirausaha maupun pengembangan-pengembangan bisnis. 

"Bagaimana mengembangkan bisnis baik dari segi permasalahannya, misalnya bagaimana cara pembudidayaan di lahan gambut. Jadi bisa beralih ke pertanian dan segala macam," ujar Kestri.

Selain itu, untuk mengajak bagaimana mencari solusi untuk kedepannya tidak ada asap lagi dan ada bincang lestari, ada lokakarya, serta work shop bagi yang praktik. Serta produk - produknya dari lahan gambut bisa diolah menjadi hal-hal yang menarik, jadi ini bisa untuk pembelajaran dan akses peluang yang lebih besar.

"Ada festival makanan, harapannya makanan khas Siak dimunculkan lagi dengan makanan yang sudah modern. Supaya keontetikan Siak jadi terkupas. Serta menuju Siak bebas plastik, jadi tidak ada bahan-bahan pelastik yang akan dimunculkan," katanya.

Di taman zamrud akan diajak berkeliling. Kemudian filsifit ke bungaraya karena bungaraya sebagai kawasan pedesaan agrowisata. Harapannya agar anak muda berminat di bidang pertanian. Kemudian ke kota siak yang banyak warisan budayanya. Dan acara grafik recording berupa seni lukis seni ukir, seni gambar.

 

Reporter: Darlis Sinatra


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar