DPD RI

Sultan B Najamudin: Nilai Demokrasi Sangat Tinggi di DPD RI

Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin mengatakan bahwa nilai demokrasi di DPD RI sangat tinggi. Hal tersebut tercermin dari pelaksanaan  pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan dengan cepat melalui musyawarah mufakat.

“Hampir 90 persen pemilihan kemarin dengan cara musyawarah mufakat. Ini artinya nilai demokrasi di DPD RI sangat tinggi. Alhamdulilah hari ini kita telah mengesahkan dan bisa bekerja dengan cepat,” papar Sultan, usai Sidang Paripurna Penetapan Pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI, Rabu (9/10/2019).

Menurut Sultan, Pimpinan Alat Kelengkapan di DPD RI sudah proporsional dan ideal. Lantaran, Pimpinan DPD RI sebelum pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan telah melakukan Rapat Pimpinan (Rapim)  untuk memastikan pemilihan (Pimpinan Alat Kelengkapan) proprosional dan adil.

“Jadi ada level tertinggi dimana keputusan ada Paripurna, dan dibawahnya ada Rapim dimana memastikan pemilihan secara proprosional dan ideal sehingga tidak ada suara riak-riak,” tukasnya.

Sultan menambahkan secara kualifikasi, Pimpinan Alat Kelengkapan merupakan orang-orang yang memiliki nilai, bobot, dan berpengalaman. Artinya, pada tahun pertama ini DPD RI berkeinginan bekerja full speed, sehingga dengan orang-orang yang berpengalaman ini bisa bekerja secara profesional dan cepat.

“Dengan Pimpinan Alat Kelengkapan yang baru ini kita ingin full speed. Jadi DPD RI dengan alat kelengkapannya tidak belajar lagi. Maka langsung tancap gas. Sehingga tahun kedua tinggal penyesuaian,” kata senator asal Bengkulu itu.

Dengan demikian, lanjutnya, Alat Kelengkapan DPD RI dengan porsi masing-masing yang juga merupakan wakil daerah akan banyak turun. “Nanti dengan porsi masing-masing Alat Kelengkapan kita akan banyak turun ke daerah,” ujar Sultan.

 

Reporter: Syafril Amir

 

 




[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar