Tips & Kesehatan

9 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit di Dada Sebelah Kiri

RIAUMANDIRI.ID - Sakit dada sebelah kiri sering dikaitkan dengan serangan jantung yang bisa mengancam jiwa. Padahal ada banyak faktor yang bisa menyebabkan rasa sakit di dada sebelah kiri.

Beberapa faktor ini ada yang tidak perlu dikhawatirkan, tapi ada juga yang harus memerlukan tindakan medis secepat mungkin. Untuk itu penting bagi Anda untuk tahu macam-macam penyebab sakit dada sebelah kiri dan gejala-gejala yang menyertai agar bisa mendapat penanganan yang tepat.

1. Angina

Angina atau angin duduk adalah kondisi yang disebabkan oleh menyempitnya arteri ke jantung sehingga aliran darah yang kaya oksigen terhambat. Gejala ini biasanya ditandai dengan rasa sakit atau nyeri akibat tekanan di dada sebelah kiri.

2. Serangan Jantung

Serangan jantung adalah kondisi di mana otot jantung rusak karena tidak dapat memperoleh darah yang kaya oksigen. Beberapa serangan jantung dimulai dengan sakit dada sebelah kiri yang makin lama makin kuat.

Kondisi ini juga bisa terjadi dengan cepat dan tiba-tiba dengan rasa sakit di dada sebelah kiri atau tengah. Beberapa gejala serangan jantung lainnya adalah rasa sakit di leher atau perut, napas pendek, keringat dingin, mual, pusing dan lain-lain.

3. Serangan Panik

Serangan panik bisa datang tiba-tiba. Beberapa gejalanya antara lain rasa sakit di dada, sesak napas, jantung berdebar, pusing, berkeringat, mual dan lain-lain.

4. GERD

Gangguan pada saluran pencernaan bisa menyebabkan sakit di dada sebelah kiri karena gas yang menumpuk bisa mendorong usus. Misalnya penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau nyeri pada ulu hati.

Gejala lainnya bisa berupa perut kembung dan sendawa terus-menerus. Untuk mengatasi sakit dada sebelah kiri yang disebabkan gangguan pencernaan, kalian bisa mengonsumsi obat antasida setelah berkonsultasi ke dokter.

5. Cedera

Sakit dada sebelah kiri bisa disebabkan oleh otot yang tertarik, tegang atau terkilir di antara tulang rusuk. Berbagai jenis cedera bisa menyebabkan rasa sakit di dada sebelah kiri seperti memar di dinding dada, tulang dada patah atau tulang rusuk yang patah.

Jenis cedera ini juga bisa menyebabkan rasa sakit jika kalian menarik napas dalam-dalam atau batuk.

6. Pneumonia

Rasa sakit di dada sebelah kiri yang semakin menusuk ketika menarik napas panjang atau batuk bisa berarti kalian menderita pneumonia. Apalagi jika kalian baru saja mengalami penyakit pernapasan seperti bronkitis atau influenza.

7. Stres

Stres yang tidak terkendali bisa menyebabkan sakit dada sebelah kiri bawah. Kondisi ini bisa diperburuk dengan gaya hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan dan obesitas.

8. Masalah pada Paru-paru

Sakit dada sebelah kiri bisa menandakan masalah pada paru-paru misalnya infeksi paru atau tensi tinggi di paru-paru. Selain rasa sakit di dada, gejala masalah pada paru-paru yang perlu diperhatikan adalah sesak napas dan batuk terus-menerus.

9. Masalah Tulang

Penyebab sakit dada sebelah kiri lainnya adalah masalah pada tulang. Tulang rusuk atau tulang leher bisa saja patah karena latihan berat dan menimbulkan rasa sakit di dada.

Cara mengatasi sakit dada sebelah kiri tentu berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Untuk pertolongan pertama, kalian bisa berbaring sambil menarik napas pendek beberapa kali. Longgarkan pakaian dan minum air putih yang banyak untuk menenangkan diri.

Tapi jika rasa sakit di dada sebelah kiri sudah berlangsung lebih dari 15 menit, segera konsultasi dengan dokter. Apalagi jika diikuti dengan gejala seperti mual, muntah darah, sesak napas dan keringat terus-menerus. 




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar