Riau

Forum GenRe Kampar 2019-2021 Dikukuhkan

RIAUMANDIRI.ID, BANGKINANG - Forum Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Kampar periode 2019-2021 telah dikukuhkan oleh Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, SH. Pembentukan Forum GenRe ini sebagai upaya untuk mengatasi banyaknya permasalahan remaja yang perlu ditangani secara serius dan kurangnya  informasi yang benar dan lengkap yang diperoleh remaja tentang Program GenRe bagi remaja dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar Drs H Afrizal, MSi melalui Kabid Pengendalian Penduduk Iskandar didampingi Kasi Kasi Ketahanan Keluarga DPPKBP3A Kabupaten Kampar Erwina Rinding, kepada Riaumandiri.id, Selasa (5/11/2019).

Dijelaskan Iskandar, Forum Generasi Berencana Kabupaten Kampar periode 2019-2021 dikukuhkan oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH bersamaan pada acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Kabupaten Kampar dan Provinsi  Riau yang dilaksanakan  dilapangan bola kaki Kecamatan Kampa, 31 Oktober 2019.

Disampaikan Iskandar, Forum Generasi Berencana Kabupaten Kampar ini merupakan wadah komunikasi aspiratif, integrative dan kolaboratif potensi untuk anggota Forum GenRe yang dikelola oleh remaja dan difasilitasi oleh pemerintah sebagai media untuk menumbuhkembangkan potensi dan meningkatkan kualitas kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja di Kabupaten Kampar.

Tujuan dibentuknya Forum Generasi Berencana ini untuk mendorong remaja aktif mengembangkan diri dan kreatifitas sesuai dengan potensi, minat, bakat dan kemampuan. Pengembangan diri dan kreatifitas ini  antara lain melaksanakan kegiatan penyebarluasan informasi bagi para remaja di lingkungan masyarakat tentang program Generasi Berencana dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Kemudian membina dan mengembangkan potensi kreatifitas dan intelektualitas anggota forum Generasi Berencana yang ada di Kabupaten Kampar. Mengembangkan diri dalam kehidupan beragama bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Memberikan langkah-langkah dasar praktis dan sederhana demi pengembangan kegiatan kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja untuk menjalankan fungsi dan perannya dalam berkolaborasi bersama Forum Generasi Berencana di Kabupaten Kampar.

Adapun tugas pokok Forum Generasi Berencana ini adalah menjadi wadah partisipasi remaja dalam mewujudkan Generasi Berencana yang aktif, inovatif, proaktif dan dinamis di Kabupaten Kampar.

Sedangkan fungsi Forum GenRe ini menjadi pusat advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi dalam meningkatkan ketahanan remaja  di Kabupaten Kampar. Membentuk, membina dan mensinergikan pusat Informsi Konseling Remaja dan Duta GenRe di Kabupaten Kampar. Meningkatkan indeks pengetahuan remaja  terhadap Triad Generasi Berencana di Kabupaten Kampar. Menjadi wadah pengembangan potensi kreatifitas dan intelektulitas remaja Generasi Berencana di Kabupaten Kampar.

Susunan pengurus  terdiri dari Bupati Kampar sebagai Pelindung, Kepala DPPKBP3A sebagai penanggung jawab dan ada Pembina yakni Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kampar, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kampar, Kabid Dalduk dan Kasi Ketahanan Keluarga DPPKBP3A Kabupaten Kampar.

Sementara untuk pengurus inti terdiri dari Ketua Eki Nurdiansyah dari SMAN 1 Kampar Timur, Wakil Ketua I M. Salman Al Farisi dari SMA Muhammadiyah, Sekretaris I Alifia Mei Syaharani dari SMAN I Bangkinang, Sekretaris II Vhetra Puan Thalita dari SMA Muhammadiyah, Bendahara Nurul Afifah Yusril Malin dari SMAN I Bangkinang Kota, Koordinator Bidang Humas Zali Fauzan dari STIE Bangkinang Kota beserta empat orang anggota, Koordinator bidang Komunikasi Informasi dan Edukasi M. Purnama Saddam dari SMAN Muhammadiyah beserta lima orang anggota, Koordinator Bidang Pengembangan  Sumber Daya Manusia dari SMAN I Bangkinang Kota beserta empat orang anggota.

Ditambahkan Iskandar, dengan adanya Forum GenRe Kabupaten Kampar ini ada wadah bagi generasi muda untuk berkreatifitas dalam upaya menghindari tiga triad yakni hindari pernikahan dini, sex pranikah dan nafza. Kemudian dengan adanya forum ini bisa membantu pemerintah dalam hal ini DPPKBP3A Kabupaten Kampar memfasilitasi pembentukan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) di Kabupaten Kampar sehingga tiga triad GenRe bisa tersosialisasi dengan baik.

Iskandar yakin pengurus Forum GenRe ini akan mampu mengembangkan tugas yang diberikan kepada mereka karena mereka yang diangkat atau dikukuhkan di kepengurusan ini adalah remaja-remaja pilihan dan berprestasi.

“Insya Allah mereka sukses mengemban amanah ini,” ujar Iskandar.

 

Reporter: Herman Jhoni


Tags Kampar

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar