Pendidikan

Gubernur Riau Pastikan Program Sekolah Gratis Terlaksana Tahun Depan

Gubernur Riau Syamsuar

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau akan menjalankan program sekolah gratis bagi siswa SMA/SMK negeri yang kurang mampu. Program ini dipastikan akan dilaksanakan pada tahun depan.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, program sekolah gratis ini menjadi salah satu prioritas pihaknya karena biaya sekolah yang tinggi menyebabkan banyak anak usia sekolah di Riau tak bisa melanjutkan pendidikan.

"Tahun depan program sekolah gratis untuk SMA/SMK negeri kami jalankan. Sebab masih banyak anak-anak yang tidak mampu membeli pakaian seragam sekolah," kata Syamsuar di Pekanbaru, Selasa (5/11/2019).

Dia menegaskan, segala biaya terkait pendidikan siswa SMA/SMK dari awal masuk hingga lulus akan ditanggung oleh pemerintah daerah. Dengan begitu diharapkan tak ada lahi anak yang putus sekolah dengan alasan tak ada biaya.

Selain itu, Syamsuar menyebut pemerintah daerah juga akan menambah Biaya Operasional Daerah (Bosda) untuk menutupi uang komite yang selama ini dipungut pihak sekolah. Syamsuar menegaskan ke depan tidak ada lagi sekolah yang melakukan pungutan kepada siswa dalam bentuk apa pun.

"Yang jelas yang berkaitan dengan pendidikan SMA/SMK negeri tahun depan tidak ada biaya lagi karena nanti dana Bosda akan ditambah untuk menutupi uang komite, supaya tidak memberatkat pihak sekolah," kata Syamsuar.


Reporter: Rico Mardianto



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar