Olahraga

Resmi Dipecat PSSI, Ini Rapor Buruk Simon di Timnas Indonesia

Simon McMenemy sudah menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak Desember 2018. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Timnas Indonesia lebih banyak menelan kekalahan ketimbang meraih kemenangan selama era kepelatihan Simon McMenemy dalam kurun 10 bulan.

McMenemy mulai menduduki posisi pelatih Timnas Indonesia pada 20 Desember 2018 menggantikan Bima Sakti yang menjadi pelatih sementara setelah Luis Milla tidak mendapat perpanjangan kontrak.

Juru latih asal Skotlandia itu mendapat tugas pertama mempersiapkan tim untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 yang dimulai pada September 2019.

Pemusatan latihan nasional sudah dilakukan sejak Maret 2019. McMenemy mengagendakan latihan dan sparing. Selain menghadapi timnas dari negara lain, uji tanding lokal pun dilakukan Tim Merah Putih.

Dalam laga internasional pertama menghadapi Myanmar, Maret 2019, mantan pelatih Pelita Bandung Raya dan Bhayangkara FC itu membawa Timnas Indonesia menang 2-0.

Pada pertengahan Juni, Timnas Indonesia yang ditangani McMenemy menelan kekalahan pertama. Dalam laga tandang ke Yordania, skuat Garuda kalah 1-4. Dalam laga selanjutnya, menghadapi timnas Vanuatu, Timnas Indonesia membukukan kemenangan 6-0.

Dalam debut di laga resmi ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia yang ditangani McMenemy kalah 2-3 dari Malaysia. Setelah kekalahan tipis dari Malaysia, langkah Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia semakin terpuruk usai takluk 0-3 dari Thailand.

Partai ketiga menghadapi Uni Emirat Arab juga berakhir dengan kekalahan lima gol tanpa balas. Sementara dalam laga terakhir, Timnas Indonesia takluk 1-3 dari Vietnam. Dengan empat kekalahan tersebut, Timnas Indonesia menjadi juru kunci di klasemen Kualifikasi Piala Dunia Grup G Zona Asia.

McMenemy masih memiliki satu laga sebelum berpisah dengan Timnas Indonesia, yakni laga tandang menghadapi pasukan Harimau Malaya pada 19 November.


Daftar pertandingan Timnas Indonesia di bawah arahan Simon McMenemy:
Indonesia vs Myanmar 2-0 (uji tanding)
Indonesia vs Yordania 1-4 (uji tanding)
Indonesia vs Vanuatu 6-0 (uji tanding)
Indonesia vs Malaysia 2-3 (Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023)
Indonesia vs Thailand 0-3 (Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023)
Indonesia vs Uni Emirat Arab 0-5 (Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023)
Indonesia vs Vietnam 1-3 (Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023).** 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar