Politik

Surya Paloh Terpilih Lagi Jadi Ketum, NasDem Bantah Tak Ada Regenerasi

Surya Paloh

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate mengklaim mayoritas kader partainya di daerah-daerah masih menginginkan Surya Paloh kembali menjabat sebagai ketua umum. Namun ia memastikan keseluruhan proses pemilihan dan penetapan ketum akan tetap dilakukan dalam kongres.

Ia membantah tak ada proses regenerasi di internal NasDem, mengingat Surya Paloh menjadi satu-satunya kandidat kuat sebagai ketum. Menurutnya, regenerasi parpol bukan hanya ketum melainkan juga seluruh instrumen termasuk pengurus maupun rekrutmen politik di tingkat eksekutif dan legislatif. 

"Jadi jangan hanya (regenerasi) diartikan ketua umum semata. Itu juga bukan masalah satu, dua, atau tiga (calon), yang penting mekanismenya dilakukan sesuai amanat UU, amanat parpol, dan AD/ART," ujar Johnny dalam konferensi pers di kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Penetapan Ketua Umum Partai NasDem periode 2019-2024 menjadi satu dari empat agenda utama dalam Kongres Nasdem yang digelar di Jakarta, 8-11 November 2019 mendatang.

"Pertama dan utama adalah pemilihan dan penetapan ketua umum sebagaimana amanat dalam AD/ART Partai NasDem," kata dia. 

Dalam kongres, lanjut Johnny, NasDem juga akan membahas rancangan keputusan terkait Garis-garis Besar Haluan Partai (GBHP) yang akan menjadi acuan dasar NasDem dan seluruh organisasi sayap. 

Selain itu, NasDem juga bakal membahas rancangan keputusan terkait rekomendasi politik baik untuk internal partai maupun rekomendasi jalannya pemerintahan lima tahun ke depan. 

Rancangan keputusan tentang strategi pemenangan Pilpres 2024 juga menjadi agenda utama untuk dibahas dalam kongres. Menkominfo ini menuturkan, NasDem telah memiliki sejumlah target politik selama kurun waktu 2019-2024.

"Kami akan menyiapkan berbagai persiapan dan strategi untuk mencanangkan pemenangan Pilkada 2020, pemenangan Pileg 2024, dan pemenangan Pilpres 2024," ucap Johnny.

Namun Johnny enggan menjelaskan lebih lanjut terkait sosok yang potensial untuk diusung dalam gelaran pesta demokrasi lima tahun ke depan. Menurutnya, hal itu masih akan dibahas di internal Partai NasDem.

Johnny mengklaim akan ada lebih dari 7.000 peserta dari DPP, DPW, dan DPD yang menghadiri kongres.




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar