Pilkada

Bawaslu Riau Utamakan Rekrut Panwascam Berpengalaman untuk Pilkada Serentak

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau kembali membuka rekrutmen Panitia Pengawas Kecaman (Panwascam) untuk Pilkada serentak di 9 daerah di Riau.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan mengatakan rekrutmen Paswascam untuk Pilkada Riau 2020 akan dibuka dalam waktu dekat.

Dia mejelaskan, dalam proses perekrutan nantinya, akan ada pertimbangan-pertimbangan khusus terhadap calon pendaftar. Pihaknya akan mengutamakan pendaftar yang telah berpengalaman menjadi panitia pengawas pada Pilgubri 2018 atau Pemilu 2019 lalu.

"Akan ada pertimbangan pengalaman dan kecakapan. Karena biasanya orang yang sudah berpengalaman itu lebih cakap dan lebih tahu untuk melakukan antisipasi apa dalam melaksanakan tugas nantinya," terang Rusidi, Kamis (7/11/2019) di Pekanbaru.

Kendati demikian, menurutnya tidak menutup kemungkinan pendaftar baru juga berpeluang diterima jika menguasai tugas sebagai panwascam dan berintegritas.

"Rekrutmen secepatnya akan dibuka, bagi masyarakat yang berminat jadi panwaslu, silakan nanti mendaftarkan diri," sebutnya.

Pilkada serentak 2020 di kabupaten/kota se-Riau akan diselenggarakan di sembilan daerah yakni Kabupaten Kuantan Singingi, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, dan Kota Dumai.


Reporter: Rico Mardianto




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar